Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Course Riview Horay dalam menangani Kejenuhan belajar siswa kelas VIII Pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.

Anggraeni, Karina (2024) Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Course Riview Horay dalam menangani Kejenuhan belajar siswa kelas VIII Pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Karina Anggraeni_212101010021.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hambatan dalam proses pembelajaran, yaitu kejenuhan belajar. Oleh karena itu, guru perlu menghadirkan inovasi dan kreativitas dalam pembelajaran untuk mengatasi kejenuhan tersebut, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Review and Hooray (CRH). Model CRH merupakan pembelajaran berbasis kelompok yang dirancang untuk mereview materi yang telah disampaikan dengan menambahkan elemen interaktif berupa yel-yel “HORE”. Keunikan lokasi penelitian, yaitu MTs Negeri 1 Jember, merupakan Madrasah yang sering menerapan model pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan pengetahuan siswa sekaligus membentuk karakternya.
Fokus penelitian ini meliputi tiga aspek utama, yaitu 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran CRH dalam menangani kejenuhan belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 1 Jember?, 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran CRH dalam menangani kejenuhan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 1 Jember, 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran CRH dalam menangani kejenuhan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 1 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci implementasi model pembelajaran CRH, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi, dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran Akidah Akhlak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian dilakukan di MTs Negeri 1 Jember. Analisis data mengikuti model Miles dan Huberman yang mencakup tahapan pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data, hingga verifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, sementara keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Cooperative Learning Tipe CRH dalam menangani kejenuhan belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran Akidah Akhlak diawali dengan tahap perencanaan yang meliputi analisis kebutuhan, perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan strategi pembelajaran, penyusunan rencana pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan refleksi. Tahap pelaksanaan melibatkan tiga bagian utama, yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap penutup. Sementara itu, evaluasi dilakukan dengan melihat hasil pembelajaran siswa melalui tiga aspek utama, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Model pembelajaran CRH terbukti efektif dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa serta mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang telah direncanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Karina Anggraeni
Date Deposited: 23 Dec 2024 08:09
Last Modified: 23 Dec 2024 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38556

Actions (login required)

View Item View Item