Level Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMPN Sukorambi Melalui Pendekatan TaRL Pada Materi Pythagoras

Rifa'i, Achmad (2024) Level Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMPN Sukorambi Melalui Pendekatan TaRL Pada Materi Pythagoras. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Achmad Rifa'i_212101070033.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kemampuan berpikir kreatif telah
menjadi aset yang sangat berharga di abad ke-21. Berpikir kreatif memungkinkan
individu untuk menghasilkan ide-ide inovatif, memecahkan masalah dengan cara
yang tidak konvensional, dan beradaptasi dengan perubahan yang cepat. Untuk
mendukung keterampilan berpikir kreatif siswa dapat diterapkan model
pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL).
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh
penerapan pendekatan TaRL terhadap peningkatan level kemampuan berpikir
kreatif siswa pada materi Pythagoras di SMPN Sukorambi?. 2) Bagaimana analisis
pada kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti pembelajaran dengan
pendekatan TaRL pada materi pythagoras.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menguji efektivitas pendekatan
TaRL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi
Pythagoras di SMPN Sukorambi. 2) Mendeskripsikan analisis pada kemampuan
berpikir kreatif siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan TaRL pada
materi pythagoras.
Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi yaitu gabungan antara
metode kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif berupa one group pretest
posttest design sedangkan penelitian kualitatif berupa data deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara, dan
dokumentasi
Simpulan dari temuan yang telah dibahas pada penelitian ini adalah: 1)
Berdasarkan hasil uji hipotesis Paired Samples t-Test terdapat pengaruh yang
signifikan dengan hasil Assym Sig 0.000 < 0.05 artinya model pembelajaran TaRL
mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII A SMPN
Sukorambi dalam menyelesaikan soal Pythagoras. 2) Berdasarkan analisis data
terdapat 6 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif level 0, 10 siswa yang
memiliki kemampuan berpikir kreatif level 1, 7 siswa yang memiliki kemampuan
berpikir kreatif level 2, dan 5 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif level
3.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Teaching at The Right Level,
Pythagoras

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr Achmad Rifa'i
Date Deposited: 24 Dec 2024 01:58
Last Modified: 24 Dec 2024 01:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38567

Actions (login required)

View Item View Item