Ambarwati, Dewi (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Berbantuan LKPD pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA MAN 2 Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.
Text
Dewi Ambarwati_211101080018.pdf Download (13MB) |
Abstract
Dewi Ambarwati, 2024 : Pengaruh Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Berbantuan LKPD pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA MAN 2 Probolinggo.
Kata Kunci : Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), LKPD, Kemampuan Literasi Sains, Hasil Belajar
Berdasarkan studi pendahuluan di MAN2 Probolinggo, siswa kelas XII IPA menunjukkan kemampuan literasi sains dan hasil belajar yang rendah, terutama pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Literasi sains dan hasil belajar yang rendah dapat disebabkan karena metode pembelajaran yang monoton dan kurang inovatif, sehingga dalam penelitian ini diberikan perlakuan metode pembelajaran SQ3R berbantuan LKPD pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan kemampuan literasi sains siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.2)Mendiskripsikan Hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.3)Mengetahui pengaruh metode SQ3R berbantuan LKPD terhadap kemampuan literasi sains siswa di kelas XII IPA MAN 2 Probolinggo. 4) Mengetahui pengaruh metode SQ3R berbantuan LKPD terhadap hasil belajar siswa di kelas XII IPA MAN 2 Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis Quasi experiment. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design,teknik sampling Purposive Sampling yaitu diperoleh siswa XII A dan XII B sebagai kelas eksperimen dan siswa XII C dan XII F sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes kemampuan literasi sains dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney U-Test.
Hasil penelitan menunjukkan; 1)Kemampuan literasi sains siswa kelas eksperimen diperoleh hasil sebesar 94,2% dalam kategori sangat baik, 0,0% baik, 2,9% cukup, dan 2,9% kurang, sedangkan kelas kontrol diperoleh literasi sains sebesar 62,5% dalam kategori sangat baik, 28,1% baik, 9,3% cukup, 0,0% kurang, dan 0,0% sangat kurang. Nilai mean nilai tes kelas eksperimen sebesar 94,18 lebih tinggi dari kelas kontrol dengan nilai mean sebesar 87,81. 2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen diperoleh hasil sebesar 88,2% dalam kategori sangat baik, 11,8% baik, 0,0% yang termasuk kategori cukup, kurang, dan sangat kurang. Mean nilai tes hasil belajar kelas eksperimen sebesar 96,38 lebih tinggi dari kelas kontrol dengan mean tes hasil belajar sebesar 87,38. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran SQ3R berbantuan LKPD pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas XII IPA MAN 2 Probolinggo yaitu berdasarkan hasil uji Mann Whitney U-Test hasil posttest diperoleh nilai Sig.0,002<0,05. 4)Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran SQ3R berbantuan LKPD pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPA MAN 2 Probolinggo yaitu berdasarkan hasil uji Mann Whitney U-Test hasil posttest diperoleh nilai Sig. 0,001<0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060703 Plant Developmental and Reproductive Biology 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Ms Dewi Ambarwati |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 01:46 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 01:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38568 |
Actions (login required)
View Item |