PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 1 JEMBER

Maharani, Devita Yuniar (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 1 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Devita Yuniar Maharani_201101100001.pdf

Download (6MB)

Abstract

Devita Yuniar Maharani, 2024 : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Materi Struktur dan
Fungsi Tumbuhan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMPN 1 Jember.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Jelajah Alam Sekitar, Hasil
Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar yang rendah
dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kurangnya semangat siswa dalam
mengikuti pembelajaran dan juga kurangnya perhatian seorang guru selama proses
pembelajaran berlangsung. Untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, maka
diperlukan adanya pendekatan, salah satunya adalah menggunakan pendekatan
jelajah alam sekitar.
Tujuan penelitian ini yaitu:(1) Mendeskripsikan Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar pada Materi
Struktur dan Fungsi Tumbuhan Siswa di SMPN 1 Jember. (2) Mengkaji Pengaruh
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Jelajah Alam
Sekitar pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Terhadap Hasil Belajar Siswa
di SMPN 1 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design.
Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang
digunakan terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan
kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data
menggunakan teknik tes berupa soal pretest dan posttest. Sedangkan teknik
analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis yaitu Independent Sample
T-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan jelajah alam sekitar
yang pertama adalah guru mengabsen siswa dan menyiapkan bahan pelajaran.
Kemudian Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menginformasikan
mengenai kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. yang kedua pada kegiatan
inti guru menyampaikan materi pembelajaran yaitu tentang struktur dan fungsi
tumbuhan dengan penerapan pendekatan JAS dan membagi setiap kelompok
untuk melakukan obeservasi. Setelah kegiatan JAS selesai dilaksanakan, maka
perlu adanya tindak lanjut yaitu setiap kelompok mempresentasikan hasil yang di
dapatkan melalui observasi yang diikuti dengan diskusi. (2) Adanya pengaruh
penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan jelajah alam sekitar
pada materi struktur dan fungsi tumbuhan terhadap hasil belajar siswa di SMPN 1
Jember. Hal ini di buktikan dengan hasil uji Independent Sample T-test untuk
pretest hasil yang signifikansi pada perbandingan skor pretest yaitu 0,081 > 0,05
Ha ditolak dan H0 diterima yang berarti ada perbedaan hasil belajar antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol sedangkan untuk hasil posttest diperoleh nilai
signifikansi sebesar 0,007 < 0,05 artinya bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang
berarti ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060702 Plant Cell and Molecular Biology
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms devita yuniar maharani
Date Deposited: 23 Dec 2024 07:55
Last Modified: 23 Dec 2024 07:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38572

Actions (login required)

View Item View Item