Peran guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa di SMP Plus Raudlatut Tholabah Kemuningsari Kidul Jember tahun pelajaran 2020/2021.

Firdan A Risqiansah, - (2021) Peran guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa di SMP Plus Raudlatut Tholabah Kemuningsari Kidul Jember tahun pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
Firdan A Risqiansah_T20169026.pdf

Download (14MB)

Abstract

Firdan A Risqiansah, 2020: Peran guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa di SMP Plus Raudlatut Tholabah Kemuningsari Kidul Jember tahun pelajaran 2020/2021. Kata kunci: Peran guru Ilmu Pengetahuan Sosial, BerfikirKritis. Guru memiliki peran penting dalam peningkatan berfikir kritis siswa, sebab guru merupakan sosok yang mengembangkan tugas mengajar, memfasilitasi dan memotivasi. Jika hal tersebut sudah dilaksanakan oleh guru maka bisa mengatasi permasalahan rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran guru Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai pengajar dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa di SMP Plus Raudlatut Tholabah. 2) Bagaimana peran guru Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai fasilitator dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa di SMP Plus Raudlatut Tholabah. 3) Bagaimana peran guru Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai motivator dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa di SMP Plus Raudlatut Tholabah Kemuningsari kidul jember tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian 1) Mendeskripsikan peran guru Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai pengajar dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa di SMP Plus Raudlatut Tholabah 2) Mendeskripsikan peran guru Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai fasilitator dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa di SMP Plus Raudlatut Tholabah. 3) Mendeskripsikan peran guru Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai motivator dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa di SMP Plus Raudlatut Tholabah Kemuningsari kidul jember tahun pelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Peran guru sebagai pengajar dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan dengan cara merancang dan mendesain pembelajaran, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, serta memilih strategi pembelajaran yang efektif dan efisien, seperti inkuiri. 2) Peran guru IPS sebagai fasilitator dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa dilakukan tidak hanya menyampaikan informasi kepada peserta didik tetapi menjadi fasilitator yang bertugas memberikan kemudahan belajar kepada peserta didik. 3) Peran guru IPS sebagai motivator dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa dilakukan dengan memberikan rangsangan dan dorongan kepada peserta didik berupa pemberian tugas dan hadiah supaya lebih semangat dalam belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:45
Last Modified: 26 Apr 2022 02:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3859

Actions (login required)

View Item View Item