Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Sebagai Upaya Membangun Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fikih Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2024/2024

Munawaroh, Siti Rofiatul (2024) Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Sebagai Upaya Membangun Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fikih Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2024/2024. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Rofiatul Munawaroh _211101010054.pdf

Download (5MB)

Abstract

Keaktifan peserta didik pada pembelajaran fikih sangat minim, sehingga menyebabkan suasana kelas menjadi pasif dan membosankan. Hal ini membuat guru fikih menerapkan metode pembelajaran role playing untuk membangun keaktifan peserta didik. Tujuan inovasi pembelajaran yang diterapkan untuk mengetahui keaktifan peserta didik yaitu dalam penerapan metode role playing dari guru yang menjadikan peserta didik aktif dalam pembelajaran pada mata pelajaran fikih.
Adapun fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode role playing sebagai upaya membangun keaktifan peserta didik dalam pembelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025? 2) Bagaimana dampak positif penerapan metode role playing sebagai upaya membangun keaktifan peserta didik dalam pembelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penerapan metode role playing sebagai upaya membangun keaktifan peserta didik dalam pembelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. 2) untuk mendeskripsikan dampak positif penerapan metode role playing sebagai upaya membangun keaktifan peserta didik dalam pembelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember dengan subjek penelitian meliputi peserta didik kelas XII PK dan guru Fikih. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data memakai model Miles, Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan metode role playing diawali dengan penyampaian materi dan menjelaskan metode yang digunakan oleh guru, membagi kelompok dan naskah, diskusi, praktik, membuat kesimpulan, guru melakukan evaluasi, guru memberi kesempatan bertanya untuk siswa dan diakhiri dengan penutup berupa salam. 2) Dampak positif penerapan metode role playing yaitu: a. Siswa menjadi aktif, b. Fokus dalam belajar, c. Memberikan pengalaman belajar langsung, d. Mengembangkan keterampilan sosial, e. Antusias dalam belajar, f. Mengintegrasikan pembelajaran multidisiplin, g. Mendorong kreativitas, h. Menciptakan gairah belajar, i. Berpikir kritis, j. Membangun kepercayaan diri, k. Menambah wawasan baru, i. Menciptakan suasana kelas yang hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Rofiatul Munawaroh
Date Deposited: 23 Dec 2024 08:47
Last Modified: 23 Dec 2024 08:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38594

Actions (login required)

View Item View Item