Pengaruh Model Quantum Learning Berbantuan Media Nearpod Terhadap Kemampuan Daya Ingat Dan Self Confidence Siswa Pada Materi Genetika Kelas XII MIPA Di MAN Lumajang Tahun Pelajaran 2024/2025

Kharisma, Kharisma (2024) Pengaruh Model Quantum Learning Berbantuan Media Nearpod Terhadap Kemampuan Daya Ingat Dan Self Confidence Siswa Pada Materi Genetika Kelas XII MIPA Di MAN Lumajang Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kharisma_2011101080025_T.BIO.pdf

Download (17MB)

Abstract

Kharisma, 2024 : Pengaruh Model Quantum Learning Berbantuan Media
Nearpod terhadap Kemampuan Daya Ingat dan Self Confidence Siswa pada
Materi Genetika Kelas XII MIPA di MAN Lumajang Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci : Daya Ingat, Model Quantum Learning, Nearpod, Self Confidence.
Observasi pra-penelitian menunjukkan bahwa siswa XII MIPA MAN
Lumajang memiliki kemampuan mengingat materi dan sikap percaya diri yang
tergolong rendah. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang sering diterapkan
adalah model konvensional dengan mengacu pada buku paket biologi. Sedangkan
materi genetika dijenjang kelas XII membutuhkan daya ingat yang kuat karena
sifat materi yang abstrak dan rumit. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan penerapan
model Quantum Learning dengan berbantuan media interaktif nearpod.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan kemampuan daya ingat
siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol 2) mendeskripsikan self confidence
siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol 3) mengetahui pengaruh yang signifikan
model Quantum Learning berbantuan media nearpod terhadap kemampuan daya
ingat siswa 4) mengetahui pengaruh yang signifikan model Quantum Learning
berbantuan media nearpod terhadap self confidence siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian Quasi Eksperimental Design. Bentuk penelitian berupa Nonequivalent
Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik sampling menggunakan Purposive
Sampling yaitu diperoleh siswa XII F sebagai kelas eksperimen dan siswa XII E
sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa (1) observasi (2) angket
dan (3) tes. Instrumen penelitian berupa soal kemampuan daya ingat dan angket
self confidence. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Witney U-Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan daya ingat siswa
kelas eksperimen diperoleh jumlah siswa sebanyak 37% dalam kategori sangat
tinggi, 52% tinggi, 11% sedang, 0% rendah dan sangat rendah. Sedangkan kelas
kontrol jumlah siswa dengan daya ingat sangat tinggi sebanyak 0%, 27% tinggi
65% sedang, 4% rendah dan sangat rendah. Nilai mean tes kelas eksperimen
sebesar 75,34 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu sebesar 51,31. 2) Self
confidence siswa kelas eksperimen diperoleh jumlah siswa sebanyak 26% dalam
kategori sangat tinggi, 44% tinggi, 30% sedang, 0% rendah dan sangat rendah.
Sedangkan kelas kontrol jumlah siswa sebanyak 0% dalam kategori sangat tinggi
dan sangat rendah , 15% tinggi, 81% sedang dan 4% rendah. Rata-rata skor self
confidence siswa kelas eksperimen sebesar 90,27 lebih tinggi daripada kelas
kontrol yaitu sebesar 74,69.3) terdapat pengaruh yang signifikan model Quantum
Learning berbantuan media nearpod terhadap daya ingat siswa pada materi
genetika kelas XII MIPA di MAN Lumajang yaitu berdasarkan hasil uji Mann
Whitney U-Test pada hasil posttest diperoleh nilai Sig. two tail sebesar 0.000 <
0.05.4) terdapat pengaruh yang signifikan model Quantum Learning berbantuan
media nearpod terhadap self confidence siswa pada materi genetika kelas XII
MIPA di MAN Lumajang yaitu berdasarkan hasil uji Mann Whitney U-Test pada
hasil posttest diperoleh nilai Sig. two tail sebesar 0.000 < 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0604 Genetics > 060499 Genetics not elsewhere classified
10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Kharisma KharismaBio
Date Deposited: 24 Dec 2024 02:30
Last Modified: 24 Dec 2024 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38600

Actions (login required)

View Item View Item