ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS XI IPA SMA NURUL ISLAM JEMBER DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN HOLLAND INVESTIGATIVE DAN SOCIAL

Masruroh, Masruroh (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS XI IPA SMA NURUL ISLAM JEMBER DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN HOLLAND INVESTIGATIVE DAN SOCIAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Masruroh_204101070001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Analisis kesalahan siswa adalah proses sistematis untuk mengidentifikasi,
mengklasifikasikan, dan memahami kesalahan yang dibuat oleh siswa
dalam menyelesaikan suatu masalah. Dalam konteks pembelajaran
matematika, seperti pada materi barisan dan deret aritmatika, analisis
kesalahan tidak hanya membantu guru mengetahui jenis kesalahan yang
sering terjadi, tetapi juga memberikan gambaran tentang faktor-faktor
yang mendasarinya. Salah satunya adalah faktor kepribadian.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah menganalisis kesalahan yang
terjadi dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmatika pada
siswa dengan tipe kepribadian investigative. Selain itu, penelitian ini juga
menganalisis kesalahan yang terjadi pada siswa dengan tipe kepribadian
social dalam menyelesaikan masalah yang sama.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan yang terjadi
dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi baris dan deret
aritmatika pada tipe kepribadian investigative dan social
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif deskriptif. Subjek yang dipilih yaitu sebanyak 4 siswa dengan
rincian 2 siswa kepribadian investigative, 2 siswa kepribadian social.
Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes tipe
kepribadian Holland, tes soal cerita, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, kondensasi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan
data yang diperoleh dari penelitian ini, peneliti menggunakan triangulasi
teknik dengan membandingkan hasil penyelesaian tes soal cerita, dan
wawancara.
Adapun hasil penelitian ini, 1) siswa dengan tipe kepribadian Investigative
cenderung mengalami kesalahan dalam tahap transformasi yaitu tidak
dapat mengubah kalimat yang diketahui dan ditanyakan ke dalam kalimat
matematika.2) siswa dengan tipe kepribadian Social cenderung mengalami
kesalahan dalam tahap transformasi,keterampilan dan penulisan jawaban
akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Masruroh Masruroh
Date Deposited: 23 Dec 2024 08:59
Last Modified: 23 Dec 2024 08:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38605

Actions (login required)

View Item View Item