Aisyah, Aisyah (2024) Pengembangan Media Flash Card Berbasis Digital Pada Materi Cerita Fiksi Untuk Siswa kelas IV di SDN Nguter 03 Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI AISYAH 202101040031 PGMI 20.pdf Download (12MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi, interview, dan dokumentasi.
Pengembangan media flashcard pada pembelajaran Bahasa Indonesia
Kelas IV di SDN Nguter 03 sangat signifikan kaitannya dengan bentuk
inovasi dalam proses pembelajaran. Selama ini di SDN Nguter 03 Kelas IV
tersebut diperoleh data persoalan bahwa peserta didik terlihat bosan,
peserta didik kesulitan memahami pembelajaran Bahasa Indonesia dan
media yang dipakai hanya media buku dan papan tulis. Adanya
pengembangan media flashcard berbantuan strategi story telling akan
membantu membangkitkan semangat belajar siswa.
Rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana desain pengembangan
media flashcard pada materi cerita fiksi untuk siswa kelas IV di SDN
Nguter 03 Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang? 2) Bagaimana
kelayakan pengembangan media flashcard pada materi cerita fiksi untuk
siswa kelas IV di SDN Nguter 03 Kecamatan Pasirian Kabupaten
Lumajang? 3) Bagaimana efektivitas pengembangan media flashcard pada
materi cerita fiksi untuk siswa kelas IV di SDN Nguter 03 Kecamatan
Pasirian Kabupaten Lumajang?
Tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk menghasilkan produk yang
berupa pengembangan media flashcard pada materi cerita fiksi untuk siswa
kelas IV di SDN Nguter 03 Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. 2)
Untuk mengetahui kelayakan pengembangan media flashcard pada materi
cerita fiksi untuk siswa kelas IV di SDN Nguter 03 Kecamatan Pasirian
Kabupaten Lumajang. 3) Untuk mengetahui efektivitas media flashcard
pada materi cerita fiksi untuk siswa kelas IV di SDN Nguter 03 Kecamatan
Paisirian Kabupaten Lumajang.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bisa juga
disebut dengan Research and Development (RnD) dengan menggunakan
model penelitian ADDIE yang telah dikembangkan oleh Dicky dan Carry
(1996) yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan,
implementasi, dan evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Produk adalah media
flashcard, dikembangkan menggunakan canva. (2) Uji validasi oleh 3 tim
ahli mendapatkan presentase 90,7%, menunjukkan bahwa media ini sangat
valid dan layak digunakan. (3) Efektivitas media dihitung menggunakan
ngian yang mendapat rata-rata 59.13, menandakan adanya peningkatan
70% setelah implementasi media pembelajaran flashcard pada
pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerita fiksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | Aisyah Syafi'udin |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 06:15 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 06:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38607 |
Actions (login required)
View Item |