Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Sub Materi Operasi Matriks di MA Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember

Aprilia, Rindi (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Sub Materi Operasi Matriks di MA Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Dokumen dari Rind.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa
terhadap pelajaran matematika yang menyebabkan hasil belajar siswa menurun.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan media
pembelajaran. Salah satu media yang dapat diamanfatkan dalam pembelajaran
matematika adalah Nearpod. Nearpod merupakan pembuat presentasi dalam
bentuk slide setara dengan Power Point namun didalam aplikasi Nearpod terdapat
banyak sekali fitur-fitur interaktif yang dapat digunakan pendidik pada
pembelajaran agar proses belajar mengajar lebih menarik perhatian siswa dan
dapat memudahkan siswa dalam memahami isi materi yang diajarkan.
Rumusan masalah yang menjadi kajian pokok yaitu: 1) Bagaimanakah
hasil belajar siswa yang menggunakan dan yang tidak menggunakan media
interaktif berbasis Nearpod pada sub materi Operasi Matriks di MA Miftahul
Ulum Suren Ledokombo Jember tahun pelajaran 2023/2024?.2) Adakah pengaruh
penggunaan media interaktif berbasis Nearpod terhadap hasil belajar siswa pada
sub materi operasi matriks di MA Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember tahun
pelajaran 2023/2024?.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan
jenis Quasi eksperimental design. Adapun bentuknya adalah Nonequivalent group
posttest only design. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan
memilih dua kelas yang memliki nilai rata-rata UTS sama pada kelas XI sehingga
diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai
kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah Independent Sample ttes. Uji Prsayarat yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata hasil belajar siswa
kelas eksperimen sebesar 75,19 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar
siswa kelas kontrol sebesar 64,07. 2) Berdasarkan analisis data menggunakan uji t
dengan taraf kepercayaan 5% diperoleh nilai thitung = 2,570 ˃ ttabel = 2,059 (sig.
0,013) artinya H0 ditolak dan Ha diterima, yang menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media interkatif berbasis
Nearpod dengan siswa yang tidak menggunakan media interaktif berbasis
Nearpod.Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media
interaktif berbasis Nearpod terhadap hasil belajar siswa pada sub materi operasi
matriks kelas XI di MA Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember tahun pelajaran
2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010401 Applied Statistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Rindi Aprilia
Date Deposited: 04 Mar 2025 01:26
Last Modified: 04 Mar 2025 01:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38608

Actions (login required)

View Item View Item