Kumalatul Hasanah, Nuvia (2024) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIFITAS ANAK MELALUI MEDIA PASIR KINETIK PADA KELOMPOK A DI TK MUKHTARSYAFAAT BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Nuvia Kumalatul Hasanah_T20185027-2.pdf Download (3MB) |
Abstract
Nuvia Kumalatul, 2024: “Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreatifitas Anak Melalui Media Pasir Kinetik Pada Kelompok A Di Tk Mukhtarsyafaat Banyuwangi”
Kata Kunci: Peran Guru, Mengembangkan Kreativitas Anak, Media Pasir Kinetik
Anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-6 tahun. Pada usia tersebut, perkembangan terjadi sangat pesat. Berdasarkan hasil penelitian, sekitar 40% dari perkembangan manusia terjadi pada usia dini. Anak usia dini dipandang sangat penting sehingga diistilahkan usia emas (golden age). Dan pada usia tersebut guru memiliki peranan yang cukup besar. Peran seorang guru bukan hanya mengajar mata pelajaran saja di sekolah, namun pada anak berusia dibawah 5 tahun guru juga berperan penting dalam pembelajaran pada anak usia dini, salah satunya dalam mengembangkan kreatifitas anak.
Tujuan penelitian dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan serta menganalisis peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kreativitas pada anak melalui media pasir kinetik di TK Mukhtarsyafaat, kedua untuk mengetahui dan menganalisis peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan kreatifitas anak melalui medi pasir kinetik di TK Mukhtarsyafaat, ketiga untuk mengetahui dan menganalisis peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kreatifitas anak melalui media pasir kinetik di TK Mukhtarsyafaat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pada penelitian kualitatif ini peneliti ingin mengekplorasi, menggali, dan mendeskripsikan hasil temuan terhadap sistem terikat yang ditemukan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Mengenai analisis data menggunakan teori dari Miles Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Peran guru sebagai pendidik dalam mengembangkan kreativitas anak kelompok A melalui media pasir kinetik di TK Mukhtar Syafaat Banyuwangi yaitu (a) guru memberikan penjelasan bagaimana tentang pembelajaran hari ini (b) guru memberikan arahan kepada peserta didik dalam menggunakan media pasir kinetik (c) guru mengajarkan bagaimana tata cara dalam menggunakan media pasir kinetic 2) Peran guru sebagai pembimbing dalam mengembangkan kreativitas anak pada kelompok A melalui media pasir kinetik di TK Mukhtar Syafaat Banyuwangi yaitu (a) guru membimbing atau membantu peserta didik yang mengalami kendala pada saat menggunakan media pasir kinetik (b) guru membimbing peserta didik untuk mengembangkan kreatif menggunakan media pasir kinetik (c) guru selalu mendampingi, memantau serta menilai peserta didik dalam melakukan kegiatan mengembangkan kreativitas melalui media pasir kinetic 3) Dan Peran guru sebagai fasilitator dalam mengembangkan kreativitas anak pada kelompok A melalui media pasir kinetik di TK Mukhtar Syafaat Banyuwangi yaitu (a) guru memberikan pelayanan yang memudahkan peserta didik dalam belajar (b) guru menyediakan fasililitas berupa alat dan bahan (c) guru guru berperan sebagai fasilitator, Guru tidak hanya menyediakan fasilitas saja akan tetapi guru juga harus melakukan beberapa hal yang lain seperti menjelaskan tentang permainan pasir kinetik dan memberikan contoh cara menggunakan permainan pasir kinetic
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Nuvia Kumalatul Hasanah |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 06:19 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 06:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38612 |
Actions (login required)
View Item |