Putri, Putri (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR BERSERI PADA MATERI KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS II MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 2 PAKIS BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text (SK 086 PGMI 2024)
PUTRI _T20194033-1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Putri. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Pada Materi
Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas II Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia di SDN 2 Pakis Banyuwangi.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Gambar Berseri, Keterampilan Berbahasa Indonesia
Berdasarkan hasil observasi pada awal penelitian di kelas II SDN 2 PAKIS,
mengidentifikasi beberapa faktor yang dihadapi diantaranya diperlukan media
pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami konsep menulis deskripsi dengan
lebih mudah dan menyenangkan, media pembelajaran berupa gambar berseri yang
menarik secara visual dapat membantu siswa lebih mudah memahami dan mengingat
gambar, pengembangan media pembelajaran yang inovatif, diperlukan media yang
mendukung metoe pembelajaran yang interaktif, media pembelajaran yang tidak hanya
mendidik tetapi juga menghibur. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media
pembelajaran berupa gambar berseri pada materi keterampilan menulis deskripsi bagi
siswa kelas 2 di SDN 2 Pakis. Media pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan
pemahaman dan keterampilan menulis deskripsi siswa melalui pendekatan visual yang
menarik dan interaktif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses
pengembangan media pembelajaran gambar berseri pada materi keterampilan menulis
deskripsi siswa kelas II mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 2 PAKIS? 2)
Bagaimana mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran gambar berseri
pada materi keterampilan menulis deskripsi siswa kelas II mata pelajaran Bahasa
Indonesia di SDN 2 PAKIS?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses
pengembangan media dan kelayakan pengembangan media pembelajaran ganbar berseri
pada materi keterampilan menulis deskripsi siswa kelas II mata pelajaran Bahasa
Indonesia di SDN 2 PAKIS.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan
model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
Evaluation). Tahap pertama melibatkan analisis kebutuhan pembelajaran, diikuti dengan
perancangan dan pengembangan media gambar berseri yang disesuaikan dengan
karakteristik siswa kelas 2. Implementasi media dilakukan melalui uji coba terbatas di
kelas, dan diakhiri dengan evaluasi efektivitas serta revisi produk berdasarkan hasil uji
coba. Model desain pengembangan dalam penelitian ini adalah ADDIE.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya produk yang
dikembangkan oleh peneliti memperoleh hasil penilaian angket dari para ahli. Angket
validasi dari ahli desain memperoleh persentase 62% dengan keterangan dapat digunakan
namun perlu revisi. Angket validasi dari ahli bahasa memperoleh persentase 75% dengan
keterangan dapat digunakan tanpa direvisi. Angket validasi dari ahli materi memperoleh
persentase 100% dengan keterangan dapat digunakan tanpa adanya revisi. Angket
validasi dari guru memperoleh persentase 91,6% dengan keterangan dapat digunakan
tanpa revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berseri
secara signifikan membantu siswa dalam memahami konsep menulis deskripsi serta
meningkatkan motivasi belajar mereka. Dengan demikian, media pembelajaran gambar
berseri ini dinilai efektif dan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam
pengajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis deskripsi di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Putri Putri |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 02:42 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 02:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38613 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |