PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AHLAK KELAS XII IPS 4 DI MAN 2 JEMBER

Maharani, Asifa Maulida (2024) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AHLAK KELAS XII IPS 4 DI MAN 2 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Asifa Maulida Maharani_204101010045-1.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Metode Modelling The Way, Pemahaman
Siswa, Akidah Ahlak.

Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar. Ketepatan penggunaan metode bergantung pada tujuan pembelajaran, sehingga pemahaman dan hasil belajar siswa dapat tercapai secara maksimal. Namun pada kenyataannya siswa masih banyak mengalami kesulitan dalam memahami materi, dilihat dari hasil belajar menunjukan rendahnya pemahaman siswa dan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru dikatakan belum efektif. Penyebab dari permasalahan ialah materi yang diajarkan masih bersifat abstrak dan kurangnya metode praktik pembelajaran. Oleh karena itu salah satu upaya meningkatkan pemahaman siswa yaitu melalui penerapan metode modelling the way.

Fokus penelitian yang diteliti yakni (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran modelling the way dalam meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran akidah ahlak kelas XII IPS 4 di MAN 2 Jember? (2) Apakah penerapan metode pembelajaran modelling the way dapat meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran akidah ahlak kelas XII IPS 4 di MAN 2 Jember?. Tujuan penelitian ini yakni (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode modelling the way (2) Untuk mengetahui apakah penerapan metode modelling the way dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas XII IPS 4 MAN 2 Jember.

Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 4 MAN 2 Jember, jumlah siswa sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan hasil tes pemahaman siswa didapat melalui soal tes, kemudian dianalisis dengan teknik presentase dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik.

Adapun hasil penelitian ini penerapan metode modelling the way di kelas XII IPS 4 MAN 2 Jember, dilakukan dengan cara yaitu siswa bermain peran dan memvisualisasikan kedalam kehidupan yang sebenarnya. Guru memberikan sub bab bahasan kemudian siswa diberi waktu untuk menciptakan skenario, kemudian mengilustrasikan bab bahasan yang baru saja dijelaskan dengan bermain peran. Dalam penerapan metode modelling the way dapat meningkatkan pemahaman siswa, hal ini dibuktikan dengan perolehan data pada tahap pra siklus siswa memperoleh nilai rata-rata 61%, kemudian dilaksanakannya tindakan siklus I pemahaman siswa mencapai nilai rata-rata presentase 79% dan meningkat pada siklus ke II mencapai 90%, tindakan siklus II telah mencapai kategori keberhasilan tindakan penelitian sesuai dengan interval yang ditetapkan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran modeling the way dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran akidah ahlak kelas XII IPS 4 di MAN 2 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asifa Maulida Maharani
Date Deposited: 24 Dec 2024 02:59
Last Modified: 24 Dec 2024 02:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38634

Actions (login required)

View Item View Item