Kontekstualisasi Technological Pedagogical And Content Knowledge Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus di SMA Negeri Jenggawah

Maula Malaik, R. ilham (2024) Kontekstualisasi Technological Pedagogical And Content Knowledge Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus di SMA Negeri Jenggawah. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
R. ILHAM MAULA MALAIK.pdf

Download (46MB)

Abstract

R. Ilham Maula Malaik, 2024: Kontekstualisasi Technological Pedagogical And Content Konowledge (TPACK) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Di SMA Negeri Jenggawah
Kata Kunci: TPACK, Pendidikan Agama Islam, teknologi pendidikan, pembelajaran inovatif.
Technological Pedagogical And Content Konowledge (TPACK) merupakan pengetahuan pengembangan kompetensi guru dalam memadukan pengetahuan konten, pedagogi, dan teknologi, serta dapat membantu mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran, meningkatkan kualitas pengajaran, dan memastikan kesesuaian materi dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana guru Pendidikan Agama Islam menerapkan konsep TPACK di SMA Negeri Jenggawah.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya guru sebagai pengajar dalam mengadaptasi dan mengintregasikan konsep TPACK ke dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam? 2) Bagaimana upaya guru sebagai pendidik dalam mengintregasikan konsep TPACK ke dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam? 3) Bagaimana upaya guru sebagai motivator dalam mengintregasikan TPACK ke dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam?
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru sebagai pengajar dalam mengadaptasi dan mengintregasikan konsep TPACK ke dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, mendeskripsikan upaya guru sebagai pendidik dalam mengintregasikan konsep TPACK ke dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, mendeskripsikan upaya guru sebagai motivator dalam mengintregasikan TPACK ke dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Guru PAI di SMA Negeri Jenggawah berhasil mengintegrasikan TPACK dengan mempersiapkan modul, proyektor/LCD, PPT, video, dan media lainnya. Meski ada tantangan seperti kurangnya pelatihan dan pendampingan penggunaan aplikasi digital terhadap guru PAI, kesiapan sekolah dan antusiasme siswa terhadap pembelajaran digital mendukung keberhasilan ini. 2) Guru PAI tidak hanya mengajarkan materi, tetapi juga membentuk karakter dan moral siswa. Penggunaan teknologi, seperti Quizizz dan Kahoot, meningkatkan motivasi, partisipasi, dan kerja sama siswa. Guru perlu mengembangkan keterampilan teknologi dan memilih metode yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. 3) Tidak hanya itu, Guru sebagai motivator berperan penting untuk mendorong siswa agar aktif dan termotivasi dalam memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: R. Ilham Maula Malaik
Date Deposited: 24 Dec 2024 06:50
Last Modified: 24 Dec 2024 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38638

Actions (login required)

View Item View Item