Maula Malaik, R. ilham (2024) Kontekstualisasi Technological Pedagogical And Content Knowledge Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus di SMA Negeri Jenggawah. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
R. ILHAM MAULA MALAIK.pdf Download (46MB) |
Abstract
R. Ilham Maula Malaik, 2024: Kontekstualisasi Technological Pedagogical And Content Konowledge (TPACK) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Di SMA Negeri Jenggawah
Kata Kunci: TPACK, Pendidikan Agama Islam, teknologi pendidikan, pembelajaran inovatif.
Technological Pedagogical And Content Konowledge (TPACK) merupakan pengetahuan pengembangan kompetensi guru dalam memadukan pengetahuan konten, pedagogi, dan teknologi, serta dapat membantu mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran, meningkatkan kualitas pengajaran, dan memastikan kesesuaian materi dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana guru Pendidikan Agama Islam menerapkan konsep TPACK di SMA Negeri Jenggawah.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya guru sebagai pengajar dalam mengadaptasi dan mengintregasikan konsep TPACK ke dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam? 2) Bagaimana upaya guru sebagai pendidik dalam mengintregasikan konsep TPACK ke dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam? 3) Bagaimana upaya guru sebagai motivator dalam mengintregasikan TPACK ke dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam?
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru sebagai pengajar dalam mengadaptasi dan mengintregasikan konsep TPACK ke dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, mendeskripsikan upaya guru sebagai pendidik dalam mengintregasikan konsep TPACK ke dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, mendeskripsikan upaya guru sebagai motivator dalam mengintregasikan TPACK ke dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Guru PAI di SMA Negeri Jenggawah berhasil mengintegrasikan TPACK dengan mempersiapkan modul, proyektor/LCD, PPT, video, dan media lainnya. Meski ada tantangan seperti kurangnya pelatihan dan pendampingan penggunaan aplikasi digital terhadap guru PAI, kesiapan sekolah dan antusiasme siswa terhadap pembelajaran digital mendukung keberhasilan ini. 2) Guru PAI tidak hanya mengajarkan materi, tetapi juga membentuk karakter dan moral siswa. Penggunaan teknologi, seperti Quizizz dan Kahoot, meningkatkan motivasi, partisipasi, dan kerja sama siswa. Guru perlu mengembangkan keterampilan teknologi dan memilih metode yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. 3) Tidak hanya itu, Guru sebagai motivator berperan penting untuk mendorong siswa agar aktif dan termotivasi dalam memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran.
Actions (login required)
View Item |