Pengelolaan Budgeting Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Banyuwangi Tahun 2023

Nafisah, Durrotun (2024) Pengelolaan Budgeting Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Banyuwangi Tahun 2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Nafisah jadi TTD Lengkap watermarked.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Durrotun Nafisah, 2024: Pengelolaan Budgeting Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Banyuwangi Tahun 2023.
Kata Kunci: Pengelolaan Budgeting, Mutu Pendidikan.
Kesadaran akan pentingnya suatu pendidikan di indonesia masih terbilang sangat rendah. Terutama masalah yang berkaitan dengan kualitas pendidikan selalu menjadi hal utama yang harus dibenahi dan diupayakan, salah satunya pada kebijakan pengelolaan budgeting yang cenderung tidak transparan dalam pengelolaannya. Berbeda dengan kebanyakan, proses pengelolaan budgeting di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Banyuwangi dilakukan secara transparan dengan seluruh stakeholder dan komite madrasah sehingga madrasah mampu meningkatkan kualitas mutu pendidikan melalui pengelolaan budgeting yang efektif dan efisien.
Fokus penelitian pada penelitian ini yakni bagaimana perencanaan budgeting dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Banyuwangi tahun 2023?, bagaimana pengorganisasian budgeting dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Banyuwangi tahun 2023?, bagaimana pelaksanaan budgeting dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Banyuwangi tahun 2023?, dan bagaimana evaluasi budgeting dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Banyuwangi tahun 2023?
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan budgeting dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Banyuwangi tahun 2023, untuk mendeskripsikan pengorganisasian budgeting dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Banyuwangi tahun 2023, untuk mendeskripsikan pelaksanaan budgeting dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Banyuwangi tahun 2023 dan untuk mendeskripsikan evaluasi budgeting dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Banyuwangi tahun 2023
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan memakai metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumetasi. Kemudian, teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif Kondensasi Data, Penyajian Data serta Penarikan Kesimpulan.
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu 1) Proses pada perencanaan budgeting menggunakan alokasi anggaran yang efektif dan efisien serta perencanaan yang matang dan sistematis.; 2) Proses pada struktur pengelolaan dan job desk dalam pelaksanaan budgeting dilaksanakan dengan efisiensi dan transparansi serta dilakukan secara jelas dan sesuai dengan kemampuan staf.; 3) Proses pemberian motivasi, pembimbingan/ arahan, koordinasi dan komunikasi pada pelaksanaan budgeting secara jelas, teratur, dan efektif sangat penting di madrasah untuk mendukung interaksi antar staf dan mencapai tujuan bersama; 4) pada evaluasi yang dilakukan dengan menggunakan penetapan indikator keberhasilan, evaluasi berbasis dokumen, monitoring berkala, penilaian efektivitas dan efisiensi, evaluasi internal dan eksternal, pelaporan hasil evaluasi dan tindak lanjut evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Durrotun Nafisah
Date Deposited: 24 Dec 2024 01:09
Last Modified: 24 Dec 2024 01:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38641

Actions (login required)

View Item View Item