Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti Menggunakan Metode Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Arjasa Jember

Zehrotul Jennah, Indah (2024) Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti Menggunakan Metode Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Arjasa Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Indah water mark.pdf - Bibliography

Download (11MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Metode Index Card Match, Hasil Belajar

Konteks penelitian ini dilatar belakangi kurangnya efektivitas dalam menggunakan metode pembelajaran pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pemahaman belajar siswa masih rendah sehingga menyebabkan turunnya hasil belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, guru PAI menerapkan metode index card match yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta suasana pembelajaran dikelas menjadi menyenangkan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana perencanaan penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan metode index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Arjasa Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan metode index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Arjasa Jember? 3) Bagaimana evaluasi penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan metode index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Arjasa Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan metode index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Arjasa Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis data ini menggunakan model Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, dan Johnny Saldana. kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran PAI menggunakan metode index card match, guru mempersiapkan modul ajar, pada Modul ajar yang dibuat oleh guru mencantumkan media kartu yang berisi soal dan jawaban dan menggunakan metode index card match. 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI menggunakan kartu index card match, guru menjelaskan materi terlebih dahulu dengan dilanjutkan menerapkan metode index card match. 3) Evaluasi pembelajaran menggunakan metode index card match yaitu hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI meningkat setelah menggunakan metode index card match. Sebelum menggunakan metode index card match, nilai siswa 50% di bawah rata-rata sebanyak 13 siswa dan 50% di atas rata-rata sebanyak 13 siswa. Setelah menggunakan metode index card match, 80% nilai siswa meningkat sebanyak 20 siswa dan nilai di bawah rata-rata sebanyak 6 siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms INDAH ZEHROTUL JENNAH
Date Deposited: 24 Dec 2024 02:16
Last Modified: 24 Dec 2024 02:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38668

Actions (login required)

View Item View Item