Shefira, Nova (2024) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADITS KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH AL AMIEN AMBULU TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nova Shefira Himmatul A'la_2024.pdf Download (18MB) |
Abstract
Kata Kunci: Model Discovery Learning, Pembelajaran Al Qur’an Hadits
Penelitian dalam peneliti ini melatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang
kurang antusias terhadap pembelajaran Al Qur’an Hadits yang masih
mengutamakan hasil dari aspek kognitif saja. Seharusnya lebih mengutamakan
hasil pembelajaran pada suatu praktek atau perubahan sikap pada siswa terhadap
kehidupan sehari-hari. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan
menggunakan model discovery learning.
Fokus permasalahan didalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana
perencanaan pembelajaran Al Qur’an Hadits dengan menerapkan model discovery
learning? 2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al Qur’an Hadits dengan
menerapkan model discovery learning? 3) bagaimana evaluasi pembelajaran
dengan model discovery learning di pembelajaran Al Qur’an Hadits?.
Tujuan permasalahan didalam penelitian ini: 1) untuk mendeskripsikan
penerapan pembelajaran Al Qur’an Hadits dengan menerapkan model discovery
learning. 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan model discovery learning. 3)
untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Al Qur’an Hadits dengan
menerapkan model discovery learning.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik puposive.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Keabasahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil simpulan: 1. Perencanaan pembelajaran
dengan model discovery learning pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MTs
Al Amien Ambulu dengan dimulai dari pembuatan modul ajar. 2. Pelaksanaan
pembelajaran Al Qur’an Hadits dengan model discovery learning, guru
melaksanakan pembelajaran sesuai isi modul, dengan melakukan
pengelompokkan sesuai gaya belajar, sementara dalam penggunaan metode
mengajar, guru menerapkan metode ceramah dan diskusi untuk membuat siswa
aktif sebagai pusat pembelajaran. 3. Dalam melaksanakan evaluasi guru
menggunakan evaluasi formatif untuk akhir pembelajaran, evaluasi formatif yang
digunakan diantaranya penilaian tes dan berupa penilaian aspek sikap sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Nova Sefira |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 02:13 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 02:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38669 |
Actions (login required)
View Item |