Zakariyya, Ahmad Maulana (2024) Pengembangan e-modul melalui pendekatan etnomatematika bernuansa seni beladiri pencak silat pada materi transformasi geometri di SMAN 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI AHMAD MAULANA ZAKARIYYA.pdf Download (10MB) |
Abstract
Seiring berkembangnya zaman, teknologi berkembang pesat dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Padahal, pendidikan akan selalu beradaptasi dengan perkembangan teknologi, terutama dalam proses pembelajaran. Untuk itu, khususnya di bidang matematika yang dianggap sebagai momok pembelajaran sekarang atau di masa lalu, dibutuhkan suatu bahan ajar yang menarik. Salah satu bahan ajar yang menarik ialah bahan ajar bernuansa etnomatematika dengan pendekatan beladiri pencak silat.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kevalidan E-Modul melalui pendekatan etnomatematika bernuansa beladiri pencak silat pada materi transformasi geometri. 2) Mendeskripsikan kepraktisan E-Modul melalui pendekatan etnomatematika bernuansa beladiri pencak silat pada materi transformasi geometri. 3) Untuk mendeskripsikan keefektifan E-Modul melalui pendekatan etnomatematika bernuansa beladiri pencak silat pada materi transformasi geometri.
Penelitian ini adalah peneitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Tahap Analisis melakukan analisis Kurikulum, analisis karakteristik peserta didik dan analisis kebutuhan. Tahap desain melakukan perancangan desain termasuk rancangan Isi materi, rancangan desain produk, rancangan pembuatan E-Modul dan rancangan pembuatan lembar Validasi. Tahapan pengembangan melakukan pembuatan desain cover, Isi materi modul, pembuatan modul file ke E-Modul berbentuk flipbook dan penilaian validasi oleh validator materi, media dan budaya serta merevisi produk. Tahap implementasi melakukan penelitian kepada subjek uji coba lapangan. Tahap terakhir yaitu tahap evaluasi, tahap ini melakukan perbaikan akhir dari hasil saran peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan produk memperoleh nilai 87,5% dari validator materi. Nilai kedua memperoleh nilai 91,67% dari validator media, nilai tersebut diklasifikasikan dalam kategori sangat valid. Nilai ketiga diperoleh hasil analisis data dari validator ahli budaya yakni 89,28%, nilai tersebut diklasifikasikan dalam kategori sangat valid. Dapat disimpulkan dari nilai ketiga validator, memperoleh nilai 89,43% dan produk tersebut dikatakan Sangat Valid. Hasil dari analisis kepraktisan persentase 83,14%, nilai tersebut diklasifikasikan dalam kategori praktis. Hasil analisis data uji efektifitas didapatkan dari test menunjukkan nilai dengan presentase 83,33%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa E-Modul Etnomatematika Bernuansa seni budaya pencak silat pada materi transformasi geometri efektif.
Kata Kunci : E-Modul, Etnomatematika, Budaya Seni Beladiri Pencak Silat, Transformasi Geometri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ahmad Maulana Zakariyya |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 03:45 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 03:45 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38674 |
Actions (login required)
View Item |