Pengembangan media pembelajaran aplikasi augmented reality transformasi geometri (artri) berbasis android pada materi transformasi geometri kelas IX SMPN 6 Jember

Febriyanto, Raflyansyah Eka (2024) Pengembangan media pembelajaran aplikasi augmented reality transformasi geometri (artri) berbasis android pada materi transformasi geometri kelas IX SMPN 6 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Raflyansyah Eka Febriyanto_212101070031.pdf

Download (8MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang diperlukan sebagai sarana untuk mempermudah pemahaman siswa pada proses pembelajaran didalam kelas. Di era digital seperti sekarang ini, teknologi telah memainkan peran yang semakin penting dalam pendidikan. Seiring berjalannya waktu dan permasalahan dalam pendidikan yang semakin bervariasi, Salah satu penerapan teknologi untuk media pembelajaran yaitu augmented reality (AR).
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendiskripsikan Kevalidan media pembelajaran. 2) Untuk mendiskripsikan kepraktisan media pembelajaran. 3) Untuk mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran aplikasi augmented reality transformasi geometri (ARTRI) berbasis Android pada materi transformasi geometri kelas IX SMPN 6 Jember.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research And Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan. Tahapan yang dimaksud meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket respon siswa, dan soal posttest. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IX SMPN 6 Jember.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Kevalidan Media aplikasi augmented reality transformasi geometri (ARTRI) berbasis Android pada materi transformasi geometri kelas IX SMPN 6 Jember. yang di dapat dari validator ahli seperti validator ahli materi, ahli media, ahli post-test, dan ahli angket respon siswa. Masing masing memiliki skor yang di peroleh dari para ahli yaitu ahli materi diperoleh skor 85,41 %, ahli media diperoleh skor 80,77%, validasi post-test diperoleh skor 77,27%, ahli angket respon siswa diperoleh nilai 81,48%. 2) Kepraktisan memperoleh nilai yaitu 27,875 termasuk dalam kategori sangat praktis. 3) dan untuk nilai keefektifan memperoleh nilai rata-rata 78,125%. Dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran aplikasi augmented reality transformasi geometri (ARTRI) berbasis Android pada materi transformasi geometri di katakan cukup efektif.

Kata Kunci : Media Pembelajaran Aplikasi, Augmented Reality berbasis Android

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010204 Dynamical Systems in Applications
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010207 Theoretical and Applied Mechanics
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr Raflyansyah Eka Febriyanto
Date Deposited: 24 Dec 2024 06:56
Last Modified: 24 Dec 2024 06:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38678

Actions (login required)

View Item View Item