Penerapan Metode Bermain, Cerita, Menyanyi Dalam Mengembangkan Pembelajaran Anak Usia Dini Untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial di Raudhatul Athfal Darul Ulum Assurur Tahun Pelajaran 2019/2020.

MAKKIYAH, - (2020) Penerapan Metode Bermain, Cerita, Menyanyi Dalam Mengembangkan Pembelajaran Anak Usia Dini Untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial di Raudhatul Athfal Darul Ulum Assurur Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

[img] Text
MAKKIYAH_T20165095.pdf

Download (6MB)

Abstract

Makiyyah, T20165095: Penerapan Metode Bermain, Cerita, Menyanyi Dalam Mengembangkan Pembelajaran Anak Usia Dini Untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial di Raudhatul Athfal Darul Ulum Assurur Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Metode bermain cerita, menyanyi, kemampuan sosial Pembelajaran merupakan suatu kombinasi yang tersusun meliputi nsur-unsur manusiawi, materi, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran. metode pengajaran secara umum meliputi keseluruhan cara atau teknik dalam menyajikan bahan pelajaran kepada siswa serta bagaimana siswa diperlakukan selama pembelajaran tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Penerapan metode bermain dalam pembelajaran anak usia dini untuk mengembangkan kemampuan Sosial di RA darul ulum assurur tahun pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana Penerapan metode cerita dalam pembelajaran anak usia dini untuk mengembangkan kemampuan Sosial di RA darul ulum assurur tahun pelajaran 2019/2020? 3) Bagaimana Penerapan metode menyanyi dalam pembelajaran anak usia dini untuk mengembangkan kemampuan Sosial di RA darul ulum assurur tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan tentang penerapan metode bermain, cerita, menyanyi dalam pembelajaran anak usia dini untuk mengembangkan kemampuan sosial di RA darul ulum assurur tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model miles dan huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan metode bermain yaitu, guru mempersipakan tema, guru menyampaikan materi secara umum, guru menunjuk siswa untuk memainkan peran, grur memperaktekkan tata cara bermain peran. 2) Penerapan Metode cerita yaitu guru mempersiapkan peralatan atau materi berupa buku cerita atau buku bergambar, guru memberikan arahan kepada siswa untuk berbaris berbentuk huruf U, guru memberikan waktu untuk siswa mengajukan pertanyaan. 3) Penerapan metode menyanyi yaitu guru memberikan contoh lagu dan ditirukan oleh siswa, guru bernyanyi berulang-ulang untuk mempermudah hafalan lagu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:48
Last Modified: 26 Apr 2022 02:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3868

Actions (login required)

View Item View Item