zannah, siti mufidhatul (2024) Pengembangan media permainan monopoli pada pembelajaraan pendidikan kewarganegaraan di kelas IV di madrasah ibtidiayah raudhatul jannah unggulan jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Siti Mufidhatul Zannah_202101040023.pdf Download (5MB) |
Abstract
Siti Mufidhatul Zannah 2020: Pengembangan media permainan monopoli pada pembelajaraan Pendidikan kewarganegaraan di kelas IV di madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Jannah unggulan jenggawah jember .
Kata Kunci : Media pembelajaraan, Monopoli, Pembelajaran pendidikankewarganegaraan
Pembelajaran yang monoton dapat menyebabkan proses pembelajaraan dikelas membosakan. Penggunaan media pembelajaraan dapat membantu dalam mengatasi hambatan- hambatan saat pembelajaraan. Berdasarkan fakta yang
ditemukan disekolah pada saat observasi guru hanya mengunakkan media pembelajaraan konvensional seperti papan tulis, buku paket, dan menggunakan metode ceramah. Guru tidak memaksimalkan penggunaan media pembelajaran tersebut, sehingga peneliti mengembangkan media permainan monopoli agar proses belajar mengajar tidak membosakan.
Rumusan masalah dalam penelitian: 1) Bagaimana pengembangan media permainan monopoli pada pembelajaraan PKN Kelas IV di MI Raudhatul jannah Unggulan Jenggawah Jember. 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media permainan monopoli pada pembelajaraan PKN Kelas IV di MI Raudhatul jannah Jenggawah Jember. 3) Bagaimana efektifitas Pengembangan media monopoli pada pembelajaran PKN Kelas IV di MI Raudhatul jannah Jenggawah Jember.
Tujuan penelitian ini : 1) Menguji pengembangkan media permainan monopoli pada pembelajaran PKN Kelas IV di MI Raudhatul jannah Jenggawah Jember. 2) Menguji kelayakan pengembangan media permainan monopoli pada pembelajaraan PKN Kelas IV di MI Raudhatul jannah Jenggawah Jember. 3)Menguji efektiftas Pengembangan media monopoli pada pembelajaran PKN Kelas IV di MI Raudhatul jannah Jenggawah Jember.
Model penelitian ini adalah Research and Development (R&D)
Pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan lima tahapan yaitu: 1) Analysis; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; 5)Evaluation. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yakni lembar pedoman wawancara, lembar angket validasi, lembar respon peserta didik, dan lembarsoal test,
Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukan bahwa 1). Produk yang dihasilkan pada peneletian dan pengembangan ini adalah media permainanmonopoli pada pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah unggulan jenggawah jember 2) Hasil kelayakan pengembangan media permainan monopoli dari penilaian analisis data validasi ahli materi yaitu 93% dengan kategori sangat valid dilihat dari aspek kelayakan isi, keakuratan materi, penyajian teknik penyampaian materi soal,dan aspek bahasa. Validasi ahli media yaitu 90% dengan kategori sangat valid dilihat dari aspek kualitas, dan penyajian teknis. Hasil penilain analisis data dari guru kelas yaitu 88% dengan kategori sangat valid dilihat dari aspek kualitas, aspek teknis.3) Media permainan monopoli sangat efektif dan layak digunakan pada pembelajaran PKN karna hasil presentase ke validan uji produk <76-100
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Siti Mufidhatul Zannah |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 03:51 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 03:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38682 |
Actions (login required)
View Item |