Agatha, Ajeng Aqsa Saida Agelia (2024) Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan Bimbingan konseling Dalam Menangani Kenakalan Siswa di SMAN 5 Jember Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH.Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 239 PAI 2024)
skripsi Ajeng Aqsa Saida Agelia Agatha watermark.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dan BK
dalam Menangani Kenakalan Siswa di SMAN 5 J ember.
Pendidikan merupakan kebutuhan mendasar yang tidak dapat diabaikan
dalam kehidupan. Pendidikan pada dasarnya adalah keseluruhan proses di mana
seseorang mengembangkan keterampilan, sikap, dan bentuk perilaku lain yang
mempunyai nilai positif dalam masyarakat tempat ia tinggal. Kedua, proses
sosisal dimana masyarakat dihadapkan pada pengaruh lingkungan yang dipilih
dan dikendalikan (terutama pengaruh lingkungan sekolah) sehingga masyarakat
dapat mencapai atau mengalami pengembangan keterampilan sosisal dan individu
secara optimal. Dari segi psikologis, tindakan tersebut termasuk perilaku
menyimpang.
Fokus penilitian ini adalah: 1.) Bagaimana strategi pengorganisasian guru
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Serta Guru Bimbingan Konseling
dalam menangani kenakalan siswa di SMAN 5 Jember. 2.) Bagaimana strategi
penyampaian Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Serta Guru Bimbingan
Konseling dalam menangani kenakalan siswa di SMAN 5 Jember. 3.) Bagaimana
strategi pengelolaan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Serta Guru
Bimbingan Konseling dalam menangani kenakalan siswa di SMAN 5 Jember.
Tujuan penelitian ini adalah: 1.) Mendeskripsikan strategi
pengorganisasian Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Serta Guru
Bimbingan Konseling dalam menangai kenakalan siswa di SMAN 5 jember. 2.)
Mendeskripsikan strategi penyampaian Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Serta Guru Bimbingan Konseling dalam menangani kenakalan siswa di SMAN 5
jember. 3.) Mendeskripsikan strategi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Serta Guru Bimbingan Konseling dalam menangani kenakalan siswa di SMAN 5
jember.
Peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus, subjek penelitian
menggunakan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data
yang digunakan adalah penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk
keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil data yang dapat diketahui sebagai berikut: 1) pada strategi
pengorganisasian guru PAI dan BK di SMAN 5 Jember berkolaborasi
merencanakan pengorganisasian secara terstruktur, dimana guru PAI menyusun
PROTA dan PROMES sedangkan guru BK menyusun RPL. 2) pada strategi
penyampaian guru PAI menggunakan media dan metode yang inovatif seperti
video serta diskusi, sedangkan guru BK menggunakan diskusi kelompok untuk
memudahkan arahan pada siswa. 3) pada strategi pengelolaan guru PAI lebih
fokus pada pencatatan nilai harian siswa, sedangkan guru BK lebih fokus pada
pencatatan karakter siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ajeng Ajeng aqsa Saida Agelia Agatha |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 03:03 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 06:18 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38696 |
Actions (login required)
View Item |