Yusuf Alfarisy, Muhammad (2024) PEMBELAJARAN KITAB FATH QORIB MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIPESANTREN MAMBAUL HOIRIYATIL ISLAMIYAH BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Mohammad Yusuf Alfarisy_213101010005.pdf Download (1MB) |
Abstract
Mohammad Yusuf Alfarisy, 2024 : “Pembelajaran Kitab Fath Qorib melalui
Model Problem Based learning di Pesantren Mambaul Hoiriyatil Islamiyah
Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember.”
Kata Kunci : Pembelajaran, Kitab Fath Qorib, Model Pembelajaran Problem
Based learning
Problem Based Learning adalah metode pembelajaran yang berfokus pada
pemecahan masalah nyata sebagai cara untuk mengajarkan konsep dan
keterampilan. Dalam Problem Based learning, siswa dihadapkan pada masalah
yang relevan dan mendorong mereka untuk berkolaborasi serta berpikir kritis
dalam mencari solusi, serta bertujuan untuk mencetak generasi berfikir kritis yang
dilatih dengan permasalahan nyata yang terjadi. Selain itu, Problem Based
learning mempersiapkan siswa untuk situasi dunia nyata sekaligus menekankan
peran guru sebagai fasilitator dan menempatkan peserta didik sebagai centered
learning.
Model Problem Based learning bukan hanya sekedar model pembelajaran
biasa, melainkan suatu revolusi yang menggeser dari zaman pembelajaran dengan
model tradisional seperti ceramah dan semacamnya. Model ini hadir sebagai sebuah
tantangan tradisi kuno yang menjadikan pengajar sebagai satu-satunya penguasa
didalam kelas, namun mendorong peserta didik mampu berkolaborasi untuk
memecahkan masalah yang dihadapi.
Berdasarkan konteks tersebut fokus penelitian ini adalah, 1) Bagaimana
penerapan Pembelajaran Kitab Fath Qorib melalui Problem Based learning di
Pesantren Mambaul Hoiriyatil Islamiyah Kecamatan Bangsalsari Kabupaten
Jember? 2) Bagaimana keunggulan dan kelemahan dari Pembelajaran Kitab Fath
Qorib melalui Problem Based learning di Pesantren Mambaul Hoiriyatil Islamiyah
Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah, 1) Mendeskripsikan penerapan efisien
Pembelajaran Kitab Fath Qorib melalui Problem Based learning di Pesantren
Mambaul Hoiriyatil Islamiyah Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember 2)
Mendeskripsikan bentuk keunggulan dan kelemahan dari Pembelajaran Kitab Fath
Qorib melalui Problem Based learning di Pesantren Mambaul Hoiriyatil Islamiyah
Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember
Metode pengumpulan data yang diterapkan adalah model Miles dan
Huberman, yang mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses
analisis terdiri dari beberapa tahap: pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, digunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan fokus penelitian pembelajaran Fath Qorib dan model
pembelajaran Problem Based learning, yaitu : 1) pembelajaran kitab kuning di
Pondok Pesantren Mambaul Hoiriyatil Islamiyah dimulai semenjak awal
medaftarkan diri dipesantren dan berjalan mengikuti jenjangnya. Pembelajaran
fath qorib umumnya dimulai pada santri dengan usia pembelajaran 4 atau 5 tahun,
hingga pada akhirnya bisa mengikuti pembelajaran kitab fath qorib melalui model
Problem Based Learning diimplementasikan dengan mengupas permasalahanfikih sehari-hari sesuai dengan maqra' fath qorib yang sedang dikaji. Prosesnya
diimplementasikan dengan membagi berkelompok dan setiap kelompok
menyampaikan argumen serta bebas untuk membantah baik dari logika maupun
dalilnya. Kegiatan ini diadakan sebanyak dua kali dalam satu minggu 2)
keunggulan dan kelemahan Pembelajaran fath qorib melalui Problem Based
Learning: keunggulan pembelajaran fath qorib melalui Problem Based Learning,
yaitu : menumbuhkan semangat literasi, melatih berpikir kritis dan melatih public
speaking. Kelemahan pembelajaran fath qorib melalui Problem Based Learning:
perbedaan kemampuan peserta didik, kurang pahamnya pembahasan dan
membutuhkan persiapan yang cukup lama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Yusuf Alfarisy |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 06:27 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 06:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38698 |
Actions (login required)
View Item |