Implementasi Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Atthohiriyah Mayang Jember.

AVIONITA, KINANTI (2021) Implementasi Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Atthohiriyah Mayang Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan program studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Avionita Kinanti_. T20151042.pdf

Download (5MB)

Abstract

Avionita Kinanti, 2020:“Implementasi Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Atthohiriyah Mayang Jember.” Media pembelajaran adalah cara nyampaikan pesan atau materi untuk belajar, Media pembelajaran pada mata pelajaran fikih yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Atthohiriyah Mayang Jember ini dilaksanaannya sesui jam mata pelajaran fikih yang diadakan dalam seminggu satu kali. Pembelajaran dimulai pukul 07.30 WIB, sebelum pembelajaran membacaan surat-surat Al-Qur’an dan Asmaulhusnah bersama. Dengan adanya media pembelajran berfungsi media dalam pembelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Atthohiriyah Mayang Jember yaitu sabagai cara bantu untuk memperjelas pesan atau materi yang disamapaikan guru, agar pesan lebih mudah dimengerti murid. Penggunaan media pembelajaran secara nyata dapat diarahkan untuk membentuk sikap baru yang positif dalam proses pembelajaran. Sikap ini antara lain adalah dengan menjadikan murid sebagai pembelajaran yang aktif dan guru sebagai fasilitator Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi media pembelajaran pada mata pelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Attohiriyah Mayang Jember?, (2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan implementasi media pembelajaran pada mata pelajaran fikih siswa di Madrasah Tsanawiyah Attohiriyah Mayang Jember?. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi media pembelajaran pada mata pelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Atthohiriyah Mayang Jember dan untuk mengetahui faktor kelebihan dan kekurangan dalam media pembelajaran pada mata pelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Atthohiriyah Mayang Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kulitatif dan jenis penelitian adalah field research penelitian lapangan. teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi tak berstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis sebelum di lapangan, kemudian menggunakan analisis data dari Milles, Huberman, dan Saldana berikut langkah-langkah dari Milles, Huberman, dan Saldana diantaranya kondensasi, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi teknik, dan trianulasi waktu Hasil penelitian ini yaitu: (1) Implementasi media pembelajaran pada mata pelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Attohiriyah Mayang Jember untuk cara bantu menyampaikankan atau memperjelas pesan atau materi yang disamapaikan guru ke siswa dengan menggunakan tiga teori yaitu behavioristik, kognitif, dan konstruktivisme cara mengimplementasikan yang pertama dengan memilih media apa yang akan digunakan, kelas harus sesuai fasilitasnya, siswa harus bisa menerima dan menggunakan media pembelajaran yang akan diterapkan, kemudian kegiatan pembelajran harus dievaluasi agar seberapa mampu siswa memahami materi dan guru memahami seberapa efisien media yang digunakan tersebut. (2) kelebihan dan kekurangan media pembelajaran pada mata pelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Attohiriyah Mayang Jember kelebihan meliputi efektif dalam interaksi, dapat dipindah-pindah media pembelajarannya, dapat diulang-ulang untuk pembelajran, dapat memotivasi dan menarik siswa untuk belajar. Namun kekurangan dari media pembelajaran yaitu kurangnya efektif waktu jika kurang menguasai media pembelajran, jangkauan terbatas, membutuhkan fasilitas yang menadai, penguasaan tidak mudah mengakibatkan siswa merasa bosan dan jenuh. Kata kunci: media pembelajaran, pembelajar an fikih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:49
Last Modified: 26 Apr 2022 02:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3870

Actions (login required)

View Item View Item