“Meningkatkan Perkembangan Kognitif Dalam Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Kelompok B Di Raudhatul Athfal AzZahro Desa Mrawan Kecamatan Mayang JemberTahun Pelajaran 2019/2020”

INDAH PUSPITA SARI, - (2020) “Meningkatkan Perkembangan Kognitif Dalam Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Kelompok B Di Raudhatul Athfal AzZahro Desa Mrawan Kecamatan Mayang JemberTahun Pelajaran 2019/2020”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

[img] Text
Indah Puspita Sari_T20165090.pdf

Download (6MB)

Abstract

Indah Puspita Sari,2020: “Meningkatkan Perkembangan Kognitif Dalam Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Kelompok B Di Raudhatul Athfal AzZahro Desa Mrawan Kecamatan Mayang JemberTahun Pelajaran 2019/2020”. Kemampuan mengenal lambang bilangan pada aspek visual dan aritmetika merupakan kemampuan anak dalam mengenal dan menghitung bilangan-bilangan dasar. Kemampuan tersebut sangat penting untuk ditingkatkan, karena merupakan dasar kemampuan matematika pada anak serta sebagai bekal dalam memasuki pendidikan ke jenjang selanjutnya.Anak dikatakan mengenal lambang bilangan dengan baik apabila anak tidak sekedar menghafal lambang bilangan,akan tetapi telah mengenal bentuk dan makna terlebih anak mampu menambah dan mengurangi bilangan dasar secara baik dan benar. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana meningkatkan perkembangan kognitif pada aspek visual dalam mengenal lambang bilangan melalui permainan ular tangga pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Az-Zahro Desa Mrawan Kecamatan Mayang Jember tahun pelajaran 2019 / 2020 ?. 2) Bagaimana meningkatkan perkembangan kognitif pada aspek aritmetika dalam mengenal lambang bilangan melalui permainan ular tangga pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Az-Zahro Desa Mrawan Kecamatan Mayang Jember tahun pelajaran 2019 / 2020 ?. Tujuan penelitian dari skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan peningkatan perkembangan kognitif pada aspek visual dalam mengenal lambang bilangan melalui permainan ular tangga pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Az-Zahro Desa Mrawan Kecamatan Mayang Jember tahun pelajaran 2019 / 2020. 2) Mendeskripsikan peningkatan perkembangan kognitif pada aspek aritmetika dalam mengenal lambang bilangan melalui permainan ular tangga pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Az-Zahro Desa Mrawan Kecamatan Mayang Jember tahun pelajaran 2019 / 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Raudhatul Athfal Az-Zahro Desa Mrawan Kecamatan Mayang Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi partisipan, wawancara tak berstruktur, dan dokumen. Adapun analisis data menggunakan: data condentation,data display,dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: 1) Kegiatan meningkatkan perkembangan kognitif pada aspek visual dalam mengenal lambang bilangan melalui permainan ular tangga pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Az-Zahro Desa Mrawan Kecamatan Mayang Jember dilakukan dengan menjadikan anak didik sebagai pion dalam permainan ular tangga. Upaya tersebut dapat melatih dalam mengenal lambang bilangan dasar pada simbol dadu,dapat memahami gambar ular dan tangga sebagai simbol naik turun pada permainan ular tangga, anak dapat mengurutkan angka 1 sampai 100 pada papan permaianan ular tangga. 2) Kegiatan meningkatkan perkembangan kognitif pada aspek aritmetika dalam mengenal lambang bilangan melalui permainan ular tangga pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Az-Zahro Mayang Jember di terapkan melalui permainan ular tangga dengan menargetkan beberapa pencapaian yang harus dikuasai oleh anak. Pencapaian tersebut adalah anak dapat menyebutkan bilangan secara urut dan mencocokan lambang bilangan dengan benar, anak dapat berpikir logis dan sistematis,memiliki sikap ketelitian,konsentrasi,serta dapat mengembangkan kemampuan menalardengan baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:49
Last Modified: 26 Apr 2022 02:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3871

Actions (login required)

View Item View Item