PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK MATA PELAJARAN IPAS PADA MATERI PERUBAHAN ZAT UNTUK SISWA KELAS X SMK ROUDLATUL ISLAM JEMBER

Hafidz Anshory, Muhammad (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK MATA PELAJARAN IPAS PADA MATERI PERUBAHAN ZAT UNTUK SISWA KELAS X SMK ROUDLATUL ISLAM JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
Watermark Muhammad Hafidz Anshory_202101100029_.pdf

Download (6MB)

Abstract

Muhammad Hafidz Anshory, 2024 : Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Mata Pelajaran Ipas Pada Materi Perubahan Zat Untuk Siswa Kelas X Smk Roudlatul Islam Jember.
Kata Kunci : Flipbook, Perubahan Zat, Pemisahan Campuran, Sifat Sifat Fisika dan Kimia
Perubahan Zat merupakan salah satu materi yang diajarkan dalam mata pembelajaran IPA pada siswa kelas X SMA/SMK. Berdasarkan masalah peneliti yang di temukan dikelas X SMK Roudlatul Islam Jember, belum tersedianya media pembelajaran sehingga membuat siswa cenderung, mengantuk dan enggan untuk memperhatikan guru.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana validitas pengembangan media pembelajaran flipbook mata pelajaran Ipas pada materi perubahan zat di SMK kelas sepuluh (X) (2)Bagaimanakah hasil uji respons peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran flipbook mata pelajaran ipas pada materi perubahan zat di SMK kelas sepuluh (X)?
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui validitas terhadap pengembangan media pembelajaran flipbook mata pelajaran ipas pada materi perubahan zat di SMK kelas sepuluh (X).
Untuk mendeskripsikan hasil uji respons peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran flipbook mata pelajaran ipas pada materi perubahan zat di SMK kelas sepuluh (X).
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dan pengembangan (Research and development ) Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan ASSURE. Terdapat enam tahapan dalam model ASSURE yaitu analyze learner characteristic, state performance objective, select methods, media, and materials, utilize materials, requires learner participation, and evaluate and revise.
Penelitian ini memperoleh produk berupa filipbook dengan hasil presentase validasi produk yang dilakukan oleh validator ahli materi, ahli media, dan pengguna. Hasil validasi ahli materi 96%, validasi media 87% dan pengguna 82% sehingga dapat di kategorikan sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0204 Condensed Matter Physics > 020406 Surfaces and Structural Properties of Condensed Matter
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Muhammad Hafidz Anshory
Date Deposited: 24 Dec 2024 07:37
Last Modified: 24 Dec 2024 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38722

Actions (login required)

View Item View Item