Fadila, Siola (2024) IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI ASMAUL HUSNA UNTUK MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK KELOMPOK A3 DI TK DHARMA WANITA AJUNG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Acmad Siddiq Jember.
Text
SIOLA FADILA WM.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci : Metode Bernyanyi, Asmaul Husna, Nilai Agama dan Moral
Pendidikan nilai-nilai moral agama pada pendidikan anak usia dini
merupakan fondasi yang kokoh dan sangat penting keberadaannya. Di TK Dharma
Wanita Ajung. Penanaman Nilai Agama Moral pada anak kelompok A3 terdapat
beberapa metode salah satunya metode bernyanyi Asmaul Husna.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana
Implementasi Metode Bernyanyi Asmaul Husna Untuk Mengembangkan Nilai
Agama Dan Moral Pada Anak Kelompok A3 di TK Dharma Wanita Ajung Tahun
Pelajaran 2024/2025. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat Implementasi
Metode Bernyanyi Asmaul Husna Untuk Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral
Pada Anak Kelompok A3 di TK Dharma Wanita Ajung Tahun Pelajaran
2024/2025.
Tujuan Penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan
Implementasi Metode Bernyanyi Asmaul Husna Untuk Mengembangkan Nilai
Agama Dan Moral Pada Anak Kelompok A3 di TK Dharma Wanita Ajung Tahun
Pelajaran 2024/2025. 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan
penghambat Implementasi Metode Bernyanyi Asmaul Husna Untuk
Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Kelompok A3 di TK Dharma
Wanita Ajung Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis
penelitian ini adalah deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan
observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Triangulasi yang digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Implementasi Metode Bernyanyi
Asmaul Husna Untuk Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral Pada Anak
Kelompok A3, dilaksanakan dengan beberapa langkah, diantaranya : Memberikan
Kesepakatan dalam Metode Bernyanyi asmaul husna, Mengenalkan pengertian
Asmaul Husna melalui kartu bergambar, Bernyanyi nama-nama Asmaul Husna,
Mewarnai dan Menyanyikan Nama Asmaul Husna Secara Berkelompok, Bermain
Tebak lafal Asmaul Husna, Penerapan Asmaul Husna di Kelas A3. 2) Faktor
pendukung yaitu : Adanya keaktifan Guru dalam menghafal nama-nama Asmaul
Husna sehingga menjadi mudah saat bernyanyi. Faktor penghambat yaitu : Kurang
fokusnya anak, terdapat anak yang masih kurang fokus dan juga mengobrol dengan
teman sebangkunya, Terdapat anak yang terlambat masuk sekolah, serta tidak
masuk sekolah selama beberapa hari, Kurangnya motivasi dari orang tua untuk
menyanyikan ulang Asmaul husna yang didapatkan disekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Siola Siola Fadila |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 07:31 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 07:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38723 |
Actions (login required)
View Item |