MODEL PEMBINAAN Al-QUR’AN DI SMA UNGGULAN BADAN PERENCANAAN PELAKSANAAN TEKNOLOGI DARUS SOLAH JEMBER

Zanah, Nita Miftahul (2024) MODEL PEMBINAAN Al-QUR’AN DI SMA UNGGULAN BADAN PERENCANAAN PELAKSANAAN TEKNOLOGI DARUS SOLAH JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 287 PAI 2024)
Nita Miftahul Zanah - Watermak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Model, Pembinaan Al-Quran, Tilawati
Model pembinaan Al-Quran merupakan program pembinaan yang dimana melibatkan interaksi antara pendidik dan peserta didik, yang bertujuan untuk mencetak generasi Quran dan peserta didik yang dapat cinta Al-Quran dan siap turun di masyarakat luas. Untuk mencapai tujuan tersebut ada beberapa model pembinaan Al-Quran di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember meliputi model pembinaan baca tulis Quran, pembinaan Thasin Al-Quran, dan Pembinaan tahfidz Al-Quran.
Fokus penelitian dari skripsi ini adalah: 1) Bagaimna model pembinaan Baca Tulis Quran (BTQ) di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember?, 2) Bagaimna model pembinaan tahsin Al-Quran di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember?, dan 3) Bagaimna model pembinaan tahfidz Al-Quran di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui model pembinaan Baca Tulis Quran (BTQ) di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember, 2) Untuk mengetahui model pembinaan tahsin Al-Quran di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember, dan 3) Untuk mengetahui model pembinaan tahfidz Al-Quran di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif: jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Model pembinaan Baca Tulis Al-Quran SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember memiliki beberapa tahapan. Tahapan perencanaan dipersiapkan oleh pendmping pembinaan, mulai kesiapan pendidik, metode yang digunakan, cara mengelola kelas, materi dan sebagainnya. Pelaksanaan menggunakan metode tilawati dan nada yang digunakan nada rost. Evaluasi yang digunakan tes lisan dan tes tulis. 2) Model pembinaan tahsin Al-Quran di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember melalui beberpa tahpan. Dalam perencnaannya menyiapkan materi dan alokasi waktu. Pelaksanaanya dengan menggunakan tilawati. Evaluasi menggunakan tes lisan dan tes praktik atau tes tindakan. Dan 3) Model pembinaan tahfidz Al-Quran di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember memiliki beberpa tahhapa. Perencanaan menuntukan Alokasi waktu dan target hafalan yang harus dicapai. Pelaksanaan pembinaan tahfidz Al-Quran dengan metode tassalul. Evaluasi yang digunakan individu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NITA MIFTAHUL ZANAH
Date Deposited: 24 Dec 2024 07:45
Last Modified: 07 Jan 2025 04:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38730

Actions (login required)

View Item View Item