Analisis Sarana Dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran Biologi di SMA Negeri Plus Sukowono Jember.

Muhammad, Yoto (2020) Analisis Sarana Dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran Biologi di SMA Negeri Plus Sukowono Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.

[img] Text
Muhammad Yoto_T20158021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Yoto, 2020: Analisis Sarana Dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran Biologi di SMA Negeri Plus Sukowono Jember. Kata Kunci: Sarana dan prasarana, peserta didik, pendidikan. Sekolah sebagai penyelenggara kegiatan pendidikan mempunyai tugas untuk menyelenggarakan layanan pendidikan. Layanan pendidikan di sekolah adalah kegiatan sistem pendidikan yang menyediakan sesuatu yang dibutuhkan publik. Kualitas layanan pendidikan dapat dilihat melalui beberapa aspek yaitu layanan kurikulum dan pembelajaran, kesiswaan/peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, keuangan, sarana prasarana, dan partisispasi masyarakat. Sarana prasarana merupakan salah satu hal pokok dalam menentukan kualitas layanan pendidikan. Sarana prasarana pendidikan adalah barang atau benda bergerak dan tidak bergerak yang dapat dipakai sebagai alat dalam pelaksanaan tugas dan fungsi unit kerja pendidikan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan yang digunakan dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri Plus Sukowono Jember?, 2) Bagaimana kelayakan sarana dan prasarana pendidikan yang digunakan dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri Plus Sukowono Jember ?. Adapun tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan yang digunakan dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri Plus Sukowono Jember. 2) Untuk mendeskripsikan kelayakan sarana dan prasarana pendidikan yang digunakan dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri Plus Sukowono Jember. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumenter. Dalam analisisnya menggunakan teori interaktif Miles dan Hubermen, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Adapun hasil penelitian yang di peroleh dari data yang telah dikumpulkan terkait 1) Ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan di SMAN Plus Sukowono Jember menunjukkan ketersedian sarana dan prasarana pendidikan di sekolah tersebut sebagai berikut: ruang kelas dan perabotan kelas menunjukkan tersedia 82% yang tidak tersedia18%, sedangkan ketersedian sarana prasarana pendidikan di laboratorium MIPA menunjukkan ketersediaan 70% tidak tersedia 30%, dan ketersedian sarana prasarana pendidikan di perpustakaan menunjukkan 90% tidak tersedia 10%. 2) Kelayakan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah tersebut sebagai berikut: kelayakan sarana prasarana kelas menunjukkan 82% layak, 18% tidak layak. Kelayakan sarana prasarana Laboratorium MIPA menunjukkan 63% layak, 37% tidak layak. Dan kelayakan sarana prasarana perpustakaan menunjukkan 81% layak, 19% tidak layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:49
Last Modified: 26 Apr 2022 02:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3874

Actions (login required)

View Item View Item