Efendi, Sodik Muhamad (2024) Pengaruh Penerapan Project Based Learning (PjBL)-STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Banyuwangi Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI SODIK MUHAMAD EFENDI REVISI AFTER sidang (1)dikompresi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Project Based Learning (PjBL) yang dipadukan dengan pendekatan STEM pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. PjBL merupakan pembelajaran yang bersifat inovatif yang memusatkan siswa untuk dapat
menggunakan pikirannya untuk mencari solusi dari permasalahan yang terjadi. dengan PjBL juga siswa diharapkan untuk bisa meningkatkan hasil belajar dengan
berbantuan pendekatan STEM. Fokus dan Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan project based learning (PjBL)-STEM
terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 2 Banyuwangi pada materi pencemaran lingkungan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental. Populasi yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah siswa MTs Negeri 2 Banyuwangi Kelas VII berjumlah 170 siswa. Penelitian ini
menggunakan teknik purposive sampling untuk mengambil sampel. Dari total tujuh kelas peneliti mengambil dua kelas untuk dijadikan sampel penelitian, yaitu
kelas VII A yang beranggotakan 30 siswa sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII B yang beranggotakan 30 siswa sebagai kelas Kontrol. Data dalam penelitian ini
diperoleh melalui penggunaan instrumen penelitian berupa tes, yang terdiri dari 5 butir soal uraian pre test dan 15 butir soal uraian post test untuk mengukur
kemampuan berpikir kritis siswa. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode statistik yang relevan. Karena data memiliki
distribusi yang normal dan homogen, maka uji-t dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2- tailed) 0,000 (< 0,05) oleh karena itu ditolak dan di terima. Rata-rata skor keterampilan
berpikir kritis siswa di kelas eksperimen (83,40) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (66,00), menunjukkan perbedaan yang signifikan. Penerapan Project
Based Learning (PjBL) dengan pendekatan STEM pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII MTs Negeri 2 Banyuwangi memiliki pengaruh tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan menggunakan model
Project Based Learning (PJBL)-STEM lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa daripada menggunakan model konvensional dalam pembelajaran materi pencemaran lingkungan.
Kata kunci: Project Based Learning (PjBL), Pendekatan STEM, hasil belajar,
pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0503 Soil Sciences > 050302 Land Capability and Soil Degradation 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0503 Soil Sciences > 050399 Soil Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Skripsi Sodik Muhamad Efendi |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 08:31 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 08:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38743 |
Actions (login required)
View Item |