Sholihah, Rofiqotus (2024) Implementasi Program Tutor Sebaya dalam Melatih Murajaah Hafalan Al-Qur’an di Institute Of Culture and Islamic Studies (ICIS) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
REVISI SKRIPSI AFIKA WATERMAK.pdf Download (115MB) |
Abstract
Membaca dan menghafal Al-Qur’an merupakan ajaran dari Rasulullah yang diwariskan kepada para sahabat sehingga melahirkan penghafal al-Qur’an yang masyhur hingga saat ini. penghafal al-Qur’an harus benar-benar menjaga hafalannya agar hafalannya tidak hilang dan tidak lupa sampai kapanpun. Salah satu cara dalam menjaga hafalan al-Qur’an yaitu dengan cara muraja’ah hafalan. Muraja’ah hafalan al-Qur’an tidak hanya bisa disima’ oleh ustadz/ustadzah saja, tetapi juga bisa dilakukan bersama teman sebaya atau dikenal dengan istilah tutor sebaya. Sama halnya dengan lembaga organisasi di ICIS UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember yang menerapkan tutor sebaya dalam muraja’ah hafalan al-Qur’an. Fenomena tersebut cukup menarik karena mereka tidak hanya sekedar menerima setoran hafalan al-Qur’an saja tetapi mereka juga dibekali ilmu untuk mengajar teman sebayanya, selain itu anggota juga dapat menghafal dengan nyaman, santai, tanpa rasa takut atau malu untuk bertanya dan bertukar pengalaman dengan teman sebayanya.
Fokus penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana implementasi program tutor sebaya dalam melatih murajaah hafalan Al-Qur’an di Institute Of Culture and Islamic Studies (ICIS) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program tutor sebaya dalam melatih murajaah hafalan Al-Qur’an diInstitute Of Culture and Islamic Studies (ICIS) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember?
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian descriptive research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah: pertama, program tutor sebaya pada kegiatan muraja’ah hafalan terdapat beberapa tahapan meliputi; tahap perencanaan, yaitu pemilihan tutor, pembentukan kelompok, dan pelatihan tutor. Kemudian tahap pelaksanaan, yaitu kegiatan muraja’ah dilaksanakan di lingkungan ICIS. Setiap tutor memiliki strategi dan manajemen waktu yang berbeda-beda. Ada tutor yang menerapkan anggotanya berkumpul terlebih dahulu. Setelah itu membaca Al-Fatihah dan tawasul, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan hafalan Al-Qur’an bersama-sama tanpa melihat mushaf Al-Qur’an. Selain itu, ada juga tutor yang menerapkan langsung menerima setoran muraja’ah tanpa harus menunggu teman-teman yang lain. Terakhir tahap evaluasi, yaitu evaluasi untuk tutor berupa pengadaan rapat tiap bulan dengan tutor dan evaluasi untuk anggota berupa beberapa program kegiatan yang menunjang lancarnya murajaah diantaranya khatmil Qur’an, estafet ayat, dan simulasi MHQ. Kedua, faktor pendukung dan penghambat. faktor pendukungnya adalah: tingginya semangat dan minat hafalan anggota tahfidz, suasana muraja’ah yang menyenangkan dan kondusif, hingga hubungan erat antara tutor dengan anggota. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu ketidakseriusan anggota mengikuti program murajaah serta strategi dan manajemen waktu yang berbeda dari masing-masing tutor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Rofiqotus Sholihah |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 08:36 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 08:36 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38746 |
Actions (login required)
View Item |