Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Jaringan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2020- 2021.

Khoirul Nikmah, - (2021) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Jaringan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2020- 2021. Undergraduate thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Khoirul Nikmah, 2021: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Jaringan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2020- 2021. Kata kunci: Pembelajaran Dalam Jaringan, Pendidikan Agama Islam Pembelajaran pendidikan agama Islam dalam jaringan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Jember cukup efektif dilihat dari keaktifan pembelajaran yang berlangsung dan minimnya kendala yang dirasakan selama pembelajaran hal tersebut dapat dilihat dari penilaian pembelajaran pendidikan agama Islam dalam jaringan tidak jauh berbeda dari pembelajaran normal yakni menunjukkan hasil yang maksimal. Fokus penelitian diatas adalah: (1) Bagaimanakah strategi dan metode pembelajaran pendidikan agama Islam dalam jaringan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2020-2021? (2) Bagaimanakah media pembelajaran pendidikan agama Islam dalam jaringan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2020-2021? (3) Bagaimanakah penilaian pembelajaran pendidikan agama Islam dalam jaringan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2020-2021 ?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi dan metode pembelajaran pendidikan agama Islam dalam jaringan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2020-2021. (2) Untuk mendeskripsikan media pembelajaran pendidikan agama Islam dalam jaringan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2020-2021. (3) Untuk mendeskripsikan penilaian dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dalam jaringan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2020- 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian kepala sekolah, tiga guru pendidikan agama Islam, dan siswa-siswi kelas tujuh hingga sembilan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara, dan dokumenter. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman meliputi data kondensasi, penyajian data, dan penarikan simpulan. Adapun keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Kesimpulan penelitian ini sebagai berikut: (1) Strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran interaktif. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, tugas dan resitasi, tanya jawab, dan demonstrasi. (2) Media yang digunakan adalah whatsapp group, google classroom, zoom meet, google meet, video pembelajaran, power point interaktif, google form text, quizizz, e-mail. (3) Penilaiannya menggunakan tiga aspek yaitu penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik. Bentuk penilaian berupa penilaian tes, penilaian non-Tes, dan tugas kinerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:50
Last Modified: 26 Apr 2022 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3875

Actions (login required)

View Item View Item