Azis, Azis (2024) Optimalisasi Pembelajaran Al-Qur’an Qira’ah Mujawwad Untuk Mencetak Generasi Qari’ Dan Qari’ah Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 252 PAI 2024)
Skripsi_Azis-finall.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Mujawwad, Pembelajaran Tilawah
Optimalisasi pembelajaran Qira’ah Mujawwad di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jember untuk mencetak generasi Qari’ dan Qari’ah yang mahir membaca al-Qur’an dengan baik, benar, dan indah sesuai kaidah tajwid. Qira’ah Mujawwad, seni membaca al-Qur’an menggunakan tujuh irama lagu, diterapkan di MAN 2 Jember melalui metode Talaqqi dan Musyafa’ah, di mana guru memberikan contoh langsung dan siswa menirukan.
Fokus penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Qira’ah Mujawwad untuk mencetak generasi Qari’ dan Qari’ah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jember ? 2) Bagaimana tantangan dan hambatan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran Qira’ah Mujawwad di Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 2 Jember ? 3) Bagaimana dampak bagi siswa dalam pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Qira’ah mujawwad untuk mencetak generasi Qari’ dan Qari’ah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jember ?
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Qira’ah Mujawwad untuk mencetak generasi Qari’ dan Qari’ah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jember. 2) mendeskripsikan tantangan dan hambatan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran Qira’ah Mujawwad di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jember. 3) Untuk mendeskripsikan dampak bagi siswa dalam pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Qira’ah mujawwad untuk mencetak generasi Qari’ dan Qari’ah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian field research Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini 1) pembelajaran diawali guru membuat perencanaan program target belajar dahulu, saat pembelajaran siswa duduk dengan berbentuk huruf U, setelah itu berdo’a bersama kemudian, guru mulai mengajar tilawah, guru memberi contoh terebih dahulu kemudian siswa mengikuti dengan klasikal atau baca bersama, diakhir pembelajaran guru menyuruh siswa maju satu persatu ke depan untuk membaca, kemudian guru memberi motivasi, dan di akhiri dengan do’a. 2) siswa masih ada yang kurang faham karena mereka tidak mempunyai bakat dari kecil sehingga menyulitkan mereka didalam belajar, serta lemahnya daya ingat para peserta didik. 3) dampak positifnya adalah bertambahnya wawasan yang dimiliki oleh siswa, dampak negatifnya adalah seraknya suara yang dimiliki oleh siswa sehingga membuat siswa terganggu pada saat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.Pd Azis S.Pd |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:04 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 07:21 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38766 |
Actions (login required)
View Item |