ayu susanti, hesti (2024) Hubungan Gaya Belajar Dengan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMP Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Hesti Ayu Susanti_205101090017.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kata Kunci: Gaya Belajar, Pemahaman Konsep, Ilmu Pengetahuan Sosial
Gaya belajar didefinisikan sebagai cara manusia mulai berkonsentrasi, menyerap, memproses, dan menampung informasi yang baru dan sulit. Sedangkan pemahaman konsep merupakan kemampuan seseorang untuk mengerti atau memahami sesuatu setelah sesuatu itu diketahui dan diingat. Pada kelas VII gaya belajar sangat penting untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan gaya belajar dengan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di SMP Negeri 4 Jember tahun pelajaran 2024/2025. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di SMP Negeri 4 Jember tahun pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan populasi kelas VII di SMP Negeri 4 Jember sebanyak 256 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan subjek 156 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket, dan tes. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket gaya belajar dan tes pemahaman konsep.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi gaya belajar dengan pemahaman konsep siswa dalam penelitian ini memiliki nilai chi square sebesar 9,487729. Pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 4 Jember diperoleh hasil sebesar 1,683 < 9,487729 yang berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel gaya belajar dengan pemahaman konsep pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di SMP Negeri 4 Jember tahun pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Skripsi Hesti Ayu Susanti |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 03:24 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 03:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38768 |
Actions (login required)
View Item |