IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN COMPETITIVE ADVANTAGE PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI PLUS SUKOWONO JEMBER

Aprilia Saleh, Ayu Andra (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN COMPETITIVE ADVANTAGE PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI PLUS SUKOWONO JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Ayu Ayu Andra Aprilia Saleh_202101030035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Implementasi manajemen sumber daya manusiamerupakan serangkaian langkah strategis yang dirancang untuk mengelola tenaga kerja agar memberikan kontribusi maksimal terhadap keberhasilan organisasi perusahaan (sekolah). Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan SDM dalam meningkatkan Competitive Advantage pada Sekolah Menengah Atas Negeri Plus Sukowono? 2) Bagaimana perekrutan dan seleksi SDM dalam
meningkatkan Competitive Advantage pada Sekolah Menengah Atas Negeri Plus Sukowono? 3) Bagaimana pelatihan dan pengembangan SDM dalam Meningkatkan Competitive Advantage pada Sekolah Menengah Atas Negeri Plus Sukowono?. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan SDM
dalam meningkatkan competitive advantage pada Sekolah Menengah Atas Negeri Plus Sukowono. 2) Untuk mendeskripsikan proses perekrutan dan seleksi SDM dalam meningkatkan competitive advantage pada Sekolah Menengah Atas Negeri
Plus Sukowono. 3) Untuk mendeskripsikan pelatihan dan pengembangan SDM dalam meningkatkan competitive advantage pada Sekolah Menengah Atas Negeri Plus Sukowono. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif teori Milles, Huberman dan Saldana dengan langkah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yang Pertama, perencanaan SDM melibatkan analisis kebutuhan SDM, pengembangan kompetensi, evaluasi kinerja, serta reward kepada guru yang berdedikasi. Keberhasilannya diukur melalui peningkatan kualitas guru, hasil belajar siswa, retensi tenaga pendidik, dan akreditasi sekolah. Kedua, Rekrutmen dan seleksi SDM dilakukan sepenuhnya oleh Dinas Pendidikan, sesuai dengan kebijakan pemerintah. Pada proses ini sekolah melaporkan kekurangan guru melalui data pokok pendidik sekolah, sedangkan
masalah keputusannya dan seleksi SDM dilaksanakan sepenuhnya oleh dinas pendidikan. Ketiga, yaitu Pelatihan dan pengembangan SDM melalui program seperti In House Training, Komunitas belajar, dan pelatihan teknologi, sekolah
meningkatkan keterampilan guru serta memfasilitasi pengembangan siswa. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran tetapi juga memperkuat reputasi sekolah sebagai institusi yang responsif terhadap kebutuhan
zaman. Dengan demikian, pelatihan dan pengembangan ini membantu menciptakan ekosistem pendidikan yang inovatif dan berkelanjutan.
Kata Kunci: Implementasi Manajemen Sumberdaya Manusia, Competitive

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Ayu Andra Aprilia Saleh
Date Deposited: 27 Dec 2024 02:09
Last Modified: 27 Dec 2024 02:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38785

Actions (login required)

View Item View Item