Qurratul A’yuni, - (2021) Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siwa Pada Mata Pelajaran Biologi Secara Daring Kelas X SMAN 1 Waru Pamekasan Selama Masa Pndemi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.
Text
Qurratul A’yuni_T20178085.pdf Download (2MB) |
Abstract
Qurratul A’yuni, 2021: Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siwa Pada Mata Pelajaran Biologi Secara Daring Kelas X SMAN 1 Waru Pamekasan Selama Masa Pndemi Kata kunci: kesulitan belajar, strategi guru, pembelajaran daring Pada tahun 2019 ditemukan sebuah virus yang mudah menginfeksi dan dapat menyebabkan kematian yang dikenal dengan Covid-19. Munculnya virus ini memiliki dampak dalam berbagai aspek terutama dalam bidang pendidikan. Namun sebagai upaya penyelenggaraan kegiatan pembelajaran, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan kebijakan belajar yang dilakukan dari rumah (Study from home) yaitu pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran daring dimasa penyebaran Covid-19 menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan materi yang cukup sulit untuk dipahami dan pembelajaran yang cukup membosankan sehingga siswa cenderung melakukan hal-hal diluar konteks pembelajaran yang menyebabkan hasil belajar rendah. Fokus yang diambil oleh peneliti dalam penelitian ini adalah : (1) apa saja kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran biologi secara daring kelas X SMAN 1 Waru Pamekasan selama masa pandemi ? (2) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran biologi secara daring kelas X SMAN 1 Waru Pamekasan selama masa pandemi? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran biologi secara daring kelas X SMAN 1 Waru selama masa pandemi dan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran biologi secara daring kelas X SMAN 1 Waru Pamekasan selama masa pandemi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data dari Milles Hubermen dan Saldana berikut langkah-langkah diantaranya reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu : (1) kesulitan belajar yang dialami oleh siswa pada mata pelajaran biologi secara daring kelas X di SMAN 1 Waru Pamekasan yaitu kesulitan dalam memahami materi yang dijelaskan oleh guru dan kesulitan dalam mengumpulkan tugas. (2) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran biologi secara daring kelas X SMAN 1 Waru Pamekasan selama masa pandemi yaitu menggunakan strategi inkuiri, melakukan pendekatan secara personal, memberikan motivasi belajar dan menerapkan kebijakan pembelajaran dilakukan 50% tatap muka dan 50% secara daring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 02:50 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 02:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3880 |
Actions (login required)
View Item |