RISWINA, SOFI YANI (2024) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswi Kelas XII di Madrasah Aliyah Ar Risalah Curah Kates Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Sofi Yani Riswina_204101010043_.pdf Download (3MB) |
Abstract
Sofi Yani Riswina, 2024: Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswi Kelas XII di Madrasah Aliyah Ar Risalah Curah Kates Ajung Jember.
Kata kunci: peran guru akidah akhlak, sikap disiplin siswi
Melihat realita di Madrasah Aliyah Ar Risalah Curah Kates Ajung Jember, dimana sebagian besar siswi mengalami kemerosotan tingkah laku maupun sikap disiplin baik disiplin waktu, disiplin aturan dan disiplin beribadah. Fenomena
kemerosotan sikap disiplin tersebut, peran guru akidah akhlak menjadi penting dalam mengajarkan dan menanamkan sikap disiplin melalui pembelajaran akidah akhlak. Dengan memberikan pendidikan moral, etika, dan kedisiplinan dapat
menjadikan siswi lebih mengerti, memahami, serta mampu melaksanakan norma dan etika kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran guru akidah akhlak dalam membentuk sikap disiplin waktu siswi kelas XII di Madrasah
Aliyah Ar Risalah Curah Kates Ajung Jember? 2) Bagaimana peran guru akidah akhlak dalam membentuk sikap disiplin aturan siswi kelas XII di Madrasah Aliyah Ar Risalah Curah Kates Ajung Jember? 3) Bagaimana peran guru akidah akhlak dalam membentuk sikap disiplin beribadah siswi kelas XII di Madrasah Aliyah Ar Risalah Curah Kates Ajung Jember?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak dalam membentuk sikap disiplin waktu siswi kelas XII di Madrasah Aliyah Ar Risalah Curah Kates Ajung Jember? 2) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak dalam membentuk sikap disiplin
aturan siswi kelas XII di Madrasah Aliyah Ar Risalah Curah Kates Ajung Jember? 3) untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak dalam membentuk sikap disiplin beribadah siswi kelas XII di Madrasah Aliyah Ar Risalah Curah Kates Ajung Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Peran guru akidah akhlak dalam membentuk sikap disiplin waktu siswi kelas XII di Madrasah Aliyah Ar Risalah yaitu, menjadi teladan datang ke kelas tepat waktu dan memberikan pujian serta melakukan
pendekatan secara personal; mengingatkan untuk membawa buku sesuai jadwal pelajaran; dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan. 2) Peran guru akidah akhlak dalam membentuk sikap disiplin aturan siswi kelas XII di Madrasah Aliyah Ar Risalah yaitu, menerapkan aturan yang jelas dan tegas; mengajarkan contoh langsung tentang kebiasaan menjaga kebersihan di lingkungan sekolah dan memberikan teguran bagi yang melanggar; dan mengingatkan siswi untuk mengenakan seragam sesuai ketentuan sekolah. 3) Peran guru akidah akhlak dalam membentuk sikap disiplin beribadah siswi kelas XII di Madrasah Aliyah Ar Risalah yaitu dengan menerapkan pembiasaan shalat dhuha berjamaah setiap hari, agar lebih konsisten dan menghargai waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SOFI YANI RISWINA |
Date Deposited: | 31 Dec 2024 02:17 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 02:17 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38800 |
Actions (login required)
View Item |