IMPLEMENTASI PLATFORM PELATIHAN MASSIVE ONLINE OPEN COURSES PUSAT INFORMASI PELATIHAN DAN PEMBELAJARAN KEMENTERIAN AGAMA DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 JEMBER

Arofah, Zahrotul (2024) IMPLEMENTASI PLATFORM PELATIHAN MASSIVE ONLINE OPEN COURSES PUSAT INFORMASI PELATIHAN DAN PEMBELAJARAN KEMENTERIAN AGAMA DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 246 PAI 2024)
Zahrotul Arofah_204101010027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Pelatihan Mooc Pintar, Kompetensi Guru.

Penelitian yang dilakukan dilatarbelakangi oleh kebijakan Kementerian Agama Republik Indonesia dalam meningkatkan sumber daya manusia agar dapat mengembangkan kompetensi guru sehingga pelatihan tersebut diharapkan dapat
menambah wawasan guru dalam memberikan pembelajaran. Maka hal tersebut menjadi daya tarik dan perhatian penulis untuk meneliti, penulis memilih lokasi di
MTs Negeri 2 Jember.
Fokus penulis dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana cara mengoperasikan
platform Massive Online Open Course (MOOC) Pusat Informasi Pelatihan dan
Pembelajaran (PINTAR) Kementerian Agama di MTs Negeri 2 Jember? 2)
Bagaimana proses guru saat mengikuti pelatihan Massive Online Open Course
(MOOC) Pusat Informasi Pelatihan dan Pembelajaran (PINTAR) Kementerian
Agama di MTs Negeri 2 Jember? 3) Bagaimana pengembangan kompetensi
seorang guru setelah mengikuti pelatihan Massive Online Open Course (MOOC)
Pusat Informasi Pelatihan dan Pembelajaran (PINTAR) Kementerian Agama di
MTs Negeri 2 Jember? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan
pengoperasian Mooc Pintar, proses guru mengikuti pelatihan dan kompetensi guru
Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember setelah mengikuti pelatihan plarform Mooc
Pintar Kementerian Agama.
Metode penelitian yang dilakukan penulis yaitu menggunakan pendekatan
kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian adalah
Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yakni pengumpulan
data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Dalam menguji keabsahan
data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian adalah 1) Cara mengoperasikan platform Massive
Online Open Course (MOOC) Pusat Informasi Pelatihan dan Pembelajaran
(PINTAR) Kementerian Agama di MTs Negeri 2 Jember meliputi: pendaftaran
akun terlebih dahulu, syarat peserta adalah guru atau karyawan dibawah naungan
Kemenag. 2) proses guru saat mengikuti pelatihan Massive Online Open Course
(MOOC) Pusat Informasi Pelatihan dan Pembelajaran (PINTAR) Kementerian
Agama yaitu para guru terlebih dahulu diberikan materi dengan 3 section dengan
modul yang berbeda, setelah itu guru mengerjakan soal. 3) pengembangan
kompetensi seorang guru setelah mengikuti pelatihan Massive Online Open
Course. pengembangan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian,
kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Pelatihan Mooc Pintar sangat
membantu mengembangkan kompetensi seorang guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100503 Computer Communications Networks
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Zahrotul Arofah
Date Deposited: 27 Dec 2024 06:28
Last Modified: 02 Jan 2025 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38835

Actions (login required)

View Item View Item