Ardilla, M. Riyan (2024) PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI VIRUS KELAS X SMA ANNUQAYAH SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
M. Riyan ardilla 203101080001.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
M. Riyan Ardilla, 2024. Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Hasil Belajar
Siswa Materi Virus Kelas X SMA Annuqayah Sumenep Tahun Ajaran 2024/2025..
Kata Kunci: Media Sosial tiktok, dan Hasil Belajar, Virus.
Berdasarkan hasil wawancara kepada guru biologi kelas X SMA
Annuqayah Sumenep diketahui bahwa hasil belajar siwa pada materi virus masih
rendah. Materi virus termasuk materi biologi yang tergolong sulit. Dalam
penelitian ini diberikan perlakuan media sosial tiktok untuk meningkatkan hasil
belajar siswa. Media sosial tiktok ini akan menjadi sebuah media pembelajaran
yang menarik dan menyenangkan.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan media
sosial tiktok terhadap proses pembelajaran materi virus kelas X SMA Annuqayah
Sumenep? 2) Adakah pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap hasil
belajar siswa materi Virus kelas X SMA Annuqayah Sumenep?
Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk menggambarkan penggunaan media
sosial tiktok terhadap hasil belajar siswa materi virus kelas X SMA Annuqayah
Sumenep. 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial tiktok
terhadap hasil belajar siswa materi virus kelas X SMA Annuqayah Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi
Eksperimen dengan jenis penelitian Nonequivalent group pretest posstest design.
Populasi meliputi seluruh siswa kelas X SMA Annuqayah Sumenep. Teknik
pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan sampel kelas X
IPA A sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA B sebagai kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes Independent Sample T-Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil analisis data antara kelas
eksperimen (X IPA A) setelah diterapkan media pembelajaran tiktok dan kelas
kontrol (X IPA B) dengan media pembelajaran konvensional memanfaatkan
penilaian pretest dan posttes pada materi virus. Hasil diperoleh dari mengerjakan
soal pilihan ganda yang dikerjakan siswa sebanyak 10 soal dan essay 5 soal,
didapati sebelum perlakuan kelas eksperimen memiliki dua kategori yaitu kategori
cukup dengan jumlah 18 siswa memiliki presentase 75% , kategori rendah dengan
presentase 50% sebanyak 16 siswa . sedangkan sudah diberi perlakuan media
pembelajaran berbentuk vidio tiktok memiliki kategori dua kategori yaitu sangat
tinggi sebanyak 16 siswa dengan presentase 50% dan 18 siswa dengan presentase
75% berkategori tinggi. 2) Adapun Hasil skor rata-rata Pretest siswa kelas
eksperimen sebesar 36,91 dan pada kelas kontrol diperoleh hasil sebesar 34,06.
Sedangkan pada posttest kelas eksperimen yang menggunakan media sosial tiktok
rata-rata hasil belajar siswa lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, kelas
eksperimen sebesar 76,76 dan pada kelas kontrol sebesar 67,50. Selain
menggunakan skor rata-rata hasil belajar dapat juga dilihat menggunakan hasil uji
Independent T-tes. uji independent t-test dalam penelitian ini diketahui nilai thitung
= 3,793 dan ttabel = 1,670 atau 3,793>1,670 maka dari itu peneliti dapat
menyimpulkan bahwa penggunaan media sosial tiktok sebagai media
pembelajaran bagi siswa kelas X IPA SMA Annuqayah Berpengaruh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060199 Biochemistry and Cell Biology not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | mr M. Riyan ardilla |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 06:16 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 06:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38836 |
Actions (login required)
View Item |