PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN BOOKLET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL KELAS XI MIPA DI SMA NURIS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Jannah, Roihatul (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN BOOKLET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL KELAS XI MIPA DI SMA NURIS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ROIHATUL JANNAH_T20188035.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), media Booklet, hasil belajar
Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading & Composition (CIRC) berbantuan Booklet merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dengan membaca beberapa bahan ajar yang sudah diberikan oleh guru ditambah dengan bahan ajar Booklet. Sehingga dalam proses pembelajaran, guru tidak hanya menggunakan metode ceramah saja yang dapat membuat siswa bosan dan pasif, tetapi menggunakan model CIRC dapat membuat siswa berperan aktif dengan menemukan konsep-konsep materi sendiri melalui proses membaca.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Nuris Jember sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan Booklet pada materi struktur dan fungsi sel pada kelas eksperimen. 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Nuris Jember sebelum dan sesudah pembelajaran pada materi struktur dan fungsi sel pada kelas kontrol. 3)Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan Booklet pada materi struktur dan fungsi sel pada kelas XI MIPA SMA Nuris Jember
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan jenis quasi experimental design dengan model nonequivalent group posttest only design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent sample T-test.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum penerapan memiliki rata-rata nilai 73,07 sedangkan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan Booklet pada materi struktur dan fungsi sel memiliki perbedaan yang signifikan yaitu sebesar 84,17. 2) Hasil belajar siswa kelas kontrol sebelum penerapan memiliki rata-rata nilai 73,10 sedangkan sesudah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada materi struktur dan fungsi sel memiliki perbedaan tetapi tidak signifikan yaitu sebesar 76,17. 3) Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan Booklet pada materi struktur dan fungsi sel pada kelas XI MIPA SMA Nuris Jember memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060103 Cell Development, Proliferation and Death
Depositing User: Ms Perpustakaan Roihatul Jannah
Date Deposited: 27 Dec 2024 06:19
Last Modified: 27 Dec 2024 06:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38854

Actions (login required)

View Item View Item