PENGARUH PENUTUPAN JALUR KERETA API JEMBER PANARUKAN 2004-2016

Nursa'diyah, Alisa (2024) PENGARUH PENUTUPAN JALUR KERETA API JEMBER PANARUKAN 2004-2016. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alisa Nursa'diyah_205104040005.pdf

Download (20MB)

Abstract

Jalur kereta api Jember Panarukan merupakan salah satu jalur yang
dibangun pada masa kolonial Belanda. Pembangunan Jalur kereta api Jember
Panarukan dikarenakan pada masa kolonial setelah masyarakat Residen Besuki
terutama daerah Jember mengalami masa kejayaan dalam bidang perkebunan
sehingga Pemerintah Kolonial Belanda mengalami kesulitan untuk mengangkut
hasil perkebunan menuju Pelabuhan. Namun setelah mengalami masa kejayaan
pada era Kolonial, selepas melewati masa krisis moneter terjadi penurunan
penumpang sehingga tidak sebanding dengan biaya operasional dan biaya
perawatan rel kereta api yang tinggi, pada tahun 2004 akhirnya perusahaan KAI
menyerah dan memilih untuk menon-aktifkan jalur kereta api Jember Panarukan.
Skripsi ini memiliki fokus penelitian tiga, yaitu: (1). Bagaimana sejarah
berdirinya Jalur kereta api Jember-Panrukan? (2) Bagaiman latar belakang dan
proses dinon-aktifkannya jalur kereta api Jember-Panarukan? (3) Bagaimana
dampak penutupan jalur kereta api Jember Panarukan? adapun tujuan dalam
penelitian ini yaitu untuk mengetahui untuk mengetahui sejarah berdirinya jalur
kereta api Jember Panarukan dan untuk mengetahui penutupan jalur kereta api
Jember Panarukan dan dampak yang ditimbulkan akibat penutupan jalur tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang dijadikan
dalam analisis peelitian. Metode Penelitian ini diantaranya seperti Heuristik: pada
tahapan ini penulis menemukan beberapa sumber yang dijadikan sebagai sumber
primer dan sumber sekunder. (2) Verifikasi (Kritik sumber): pada tahap ini
penulis melakukan kritik sumber untuk menentukan keaslian dan keautentikan
sumber sejarah, (3) Interpretasi: selanjutnya penulis akan menghubungkan dan
menguraikan fakta-fakta sejarah yang telah ditemukan, dan (4) Historiografi:
digunakan oleh penulis untuk mengambarkan dengan jelas proses penelitian dari
awal hingga akhir.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat diketahui
bahwa: (1). Sejarah pembangunan Jalur kereta api Jember Panarukan pada masa
kolonial Belanda sebagai kepentingan kolonial dalam mengekploitasi hasil bumi,
pada masa kolonial Belanda kereta api jalur ini mengalami masa kejayaan. (2).
Penutupan jalur kereta api Jember Panarukan di sebabkan karena jumlah
penumpang yang mengalami penurunan setelah, penyebab lain persaingan yang
terjadi dengan kendaraan pribadi yang dirasa dapat digunakan lebih efisien. (3).
Pengaruh yang ditimbulkan dengan penutupan jalur kereta api Jember Panarukan
dapat berupa dampak ekonomi yaitu kehilangan mata pencaharian warga yang
telah berdagang menggunakan kereta, dampak sosial yaitu berkurangnya mobilitas
sosial dan dampak budaya yaitu bangunan stasiun menjadi peninggalan kolonial.
Kata Kunci: Jalur Kereta, Penutupan, Dampak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2101 Archaeology > 210102 Archaeological Science
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210201 Archival, Repository and Related Studies
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210202 Heritage and Cultural Conservation
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Alisa Alisa Nursa'diyah
Date Deposited: 27 Dec 2024 07:56
Last Modified: 27 Dec 2024 07:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38861

Actions (login required)

View Item View Item