Penerapan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Penerapan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Using Dalam Pelestarian Bahasa Adat Suku Using Banyuwangi di Madrasah Ibtidaiyah MI Miftahul Huda Banjar Banyuwangi

Hasanah, Imroatul (2024) Penerapan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Penerapan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Using Dalam Pelestarian Bahasa Adat Suku Using Banyuwangi di Madrasah Ibtidaiyah MI Miftahul Huda Banjar Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Imroatul Hasanah - watermak.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Penerapan muatan lokal bahasa using.

Madrasah Ibtidaiyah miftahul Huda Licin Banyuwangi adalah sekolah swasta yang menerapkan pembelajaran muatan lokal bahasa using dengan alasan untuk mendukung Kurikulum Muatan Lokal yang merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran yang berfungsi untuk memberikan kesempatan bagi peserta didik dalam mengembangkan pengetahuan dan kompetensinya sesuai dengan keadaan dan kebutuhan di lingkungan sekitarnya. Dalam hal ini Madrasah Ibtidaiyah miftahul Huda Licin Banyuwangi juga bertujuan demi melestarikan basa adat using yang sudah di tetapkan oleh UNESCO (Ijen Geopark) sebagai bahasa adat di kabupaten Banyuwangi.
Fokus penelitian dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaimana penerapan pembelajaran muatan lokal Bahasa Using Banyuwangi di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Banjar Banyuwangi?. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran muatan lokal Bahasa Using Banyuwangi di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Banjar Banyuwangi? (3) Bagaimana dampak pembelajaran muatan lokal Bahasa Using terhadap peserta didik dalam pelestarian Bahasa Using Banyuwangi di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Banjar Banyuwangi?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data mengguanakan teknik observasi jenis non partisipan, wawancara dengan jenis wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Hubermen yang meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitain menunjukkan bahwa (1) Dalam penerapan pembelajaran muatan lokal bahasa using mulai dari kelas empat, lima yaitu wali kelas sebelum melaksanakan proses pemebelajaran masing masing wali kelas menyiapkan media dan rencana pembelajaran seperti rpp, media proyektor dan audio untuk melihat dan mendengarkan lagu, lagu using menyiapkan lkpd untuk evaluasi diakhir pembelajaran untuk mengetahui pemahaman peserta didik. Masing masing wali kelas memiliki metode dan strategi yang berbeda-beda dalam kegiatan belajar mengajar di kelas seperti melalui praktik menyanyi lagu using, belajar membaca syair dan pendekatan lingkungan. (2) Terkait faktor pendukung dan penghambat yaitu faktor pendukung bahasa atau dialeg keseharian mereka mayoritas menggunakan bahasa using dan dalam pembelajaran mereka menggunakan LKS, buku paket, kamus yang ada di perpustakaan. Faktor penghambat yaitu tidak adanya lab khusus untuk pembelajaran muatan lokal bahasa using dan ada juga beberapa peserta didik yang kesehariannya mengguanakan bahasa nasioal kemudian juga ada peserta didik mutasi dari luar kabupaten. (3) mengenai dampak kegiatan pemebelajaran muatan lokal bahasa using yaitu terkait hal-hal yang positif seperti menumbuhkan semagat belajar anak, menumbuhkan rasa cinta budaya asli tempat mereka tinggal, dan mereka memiliki rasa unggah ungguh yang tinggi terhadap yang lebih tua ataupun sesama dan yang muda, terpenting peserta didik memiliki kesopanan tinggi kepada guru-gurunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Imroatul Hasanah
Date Deposited: 27 Dec 2024 07:34
Last Modified: 27 Dec 2024 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38871

Actions (login required)

View Item View Item