Jaya, Muhammad Anas (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BACA DISKUSI LIHAT LAKUKAN (BAKULIKAN) PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MAN 2 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.
Text (SK 257 PAI 2024)
Muhammad Anas Jaya_204101010028_Skripsi Pendidikan Agama Islam (AutoRecovered).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
Muhammad Anas Jaya, 2024: Penerapan Model Pembelajaran Baca Diskusi Lihat Lakukan (Bakulikan) Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis Di MAN 2 Jember.
Kata Kunci : Penerapan, Model Pembelajaran Bakulikan, Al Qur’an Hadis
Model pembelajaran Bakulikan merupakan model pembelajaran yang dirancang oleh Nugroho di awal tahun 2004. Model ini menggunakan gaya belajar student center learning. Dengan fokus utama pengembangan adalah kreatifitas siswa dalam literasi. Baik literasi berupa teks, audio/visual, dan lingkungan. Model ini dibuat guna memberikan alternatif bagi guru saat mengajar fisika. Namun, beda halnya pada kasus ini, untuk pertama kalinya digunakan pada mata pelajaran ilmu agama. Dengan melalui 4 tahapan didalamnya diantaranya baca, diskusi, lihat, dan lakukan, 4 tahapan tersebut juga yang membentuk susunan kata Bakulikan dengan tujuan memudahkan untuk diingat dan diterapkan.
Adapun penelitian ini ingin mengurai bagaimana penerapan model ini, dampak yang dihasilkan. Dengan tujuan dilakukannya penelitian meliputi : 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Bakulikan pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis di MAN 2 Jember, 2) mendeskripsikan hasil belajar penerapan model pembelajaran Bakulikan pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis,
Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Dan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara semi struktur, dan dokumentasi, Adapun analisis data yang dilakukan yakni analisis interaktif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Dan terakhir keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, Teknik, dan waktu.
Dalam penerapannya pada mata pelajaran Al Quran Hadis model pembelajaran ini sudah diterapkan sesuai dengan tiap tahapannya, dan mampu memberikan hasil belajar yang cukup baik dalam pembelajaran. karena, dalam setiap tahapannya selalu menuntut siswa agar selalu aktif dalam pembelajaran. sehingga ada motivasi dalam belajar dan menambah wawasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Anas Jaya |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 08:50 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 07:36 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38878 |
Actions (login required)
View Item |