Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Digital Berbasis Riddle Story Pada Materi Animalia untuk Siswa Kelas X IPA di MAN 1 Situbondo

Gahpria Laily, Zamzam (2021) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Digital Berbasis Riddle Story Pada Materi Animalia untuk Siswa Kelas X IPA di MAN 1 Situbondo. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.

[img] Text
Gahpria Laily Zamzam_T20178031.pdf

Download (18MB)

Abstract

Gahpria Laily Zamzam, 2021: Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Digital Berbasis Riddle Story Pada Materi Animalia untuk Siswa Kelas X IPA di MAN 1 Situbondo Kata Kunci: Pengembangan LKPD digital, riddle story, materi animalia, model 4D. Riddle story adalah cerita teka-teki yang berkaitan dengan tanya jawab yang menarik minat, dapat memancing rasa ingin tahu pembaca, dan membangkitkan kecerdikan. Pada proses pembelajaran bahan ajar yang sering digunakan adalah Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) namun, dalam penggunaannya LKPD hanya digunakan untuk mengerjakan latihan soal, kemudian berdasarkan tuntutan keterampilan abad 21 siswa dituntut untuk berpikir kritis, kreatif, mampu berkomunikasi dan bekerja sama. Oleh karena itu, dipilihlah riddle story untuk diinovasikan dalam pengembangan LKPD. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kevalidan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) digital berbasis riddle story pada materi animalia untuk siswa kelas X IPA di MAN 1 Situbondo? 2) Bagaimana kepraktisan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) digital berbasis riddle story pada materi animalia untuk siswa kelas X IPA di MAN 1 Situbondo. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kevalidan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) digital berbasis riddle story pada materi animalia untuk siswa kelas X IPA di MAN 1 Situbondo. 2) Untuk mendeskripsikan kepraktisan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) digital berbasis riddle story pada materi animalia untuk siswa kelas X IPA di MAN 1 Situbondo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Pada model 4D terdapat 4 tahapan utama, yaitu tahap Define (Pendefinisian) yang terdiri dari tahap analisis awal akhir, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep dan analisis untuk menentukan tujuan pembelajaran. Tahap Design (Perancangan) terdiri dari tahap penyusunan materi pembelajaran, pemilihan format, dan perancangan awal. Tahap Develop (Pengembangan) terdiri dari tahap validasi dan uji coba pengembangan skala terbatas. Dan tahap Disseminate (Penyebaran) yang dilakukan untuk menyebarkan produk. Namun, pada penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap develop (pengembangan). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) Berdasarkan hasil validasi Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) digital berbasis riddle story pada penilaian ahli materi memperoleh rata-rata persentase sebesar 82,32% termasuk dalam kategori cukup valid. Pada penilaian ahli media memperoleh rata-rata persentase sebesar 95,68% termasuk dalam kategori sangat valid. Dan pada penilaian guru biologi memperoleh persentase 88,09% termasuk dalam kategori sangat valid. 2) Berdasarkan hasil uji coba skala terbatas memperoleh rata-rata persentase sebesar 89,78% termasuk dalam kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:52
Last Modified: 26 Apr 2022 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3888

Actions (login required)

View Item View Item