Salam Syah, Agus Sofyan (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE BUZZ GROUP PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KONDISI GEOGRAFIS DAN PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM KELAS VIII MTsN 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SOFYAN WM.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penerapan Model Pembelajaran Tipe Buzz Group Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kondisi Geografis Dan Pelestarian Sumber Daya Alam Kelas VIII Di MTSN 1 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Tipe Buzz Group, Mata Pelajaran IPS Pembelajaran adalah proses interaktif antara siswa dan guru untuk mengubah pengetahuan, pemahaman, sikap, dan perilaku siswa. Keberhasilannya bergantung pada metode yang mendukung berbagai gaya belajar, salah satunya model yang inklusif. Dalam pembelajaran IPS, tujuan utamanya adalah meningkatkan kesadaran sosial siswa dan mempersiapkan mereka untuk berkontribusi di masyarakat. Namun, metode pengajaran konvensional yang berpusat pada guru seringkali menghambat partisipasi siswa. Model Buzz Group dapat mengatasi hal ini dengan mendorong diskusi kelompok kecil yang meningkatkan interaksi, motivasi, dan hasil pembelajaran, khususnya dalam materi
IPS kelas VIII yang menjadi fokus penelitian ini.
Fokus penelitian meliputi 1) perencanaan model pembelajaran tipe buzz
group pada mata pelajaran IPS materi kondisi geografis dan pelestarian sumber daya kelas VIII di MTSN 1 Jember tahun pelajaran 2024/2025, 2) pengunaan model pembelajaran tipe buzz group pada mata pelajaran IPS materi kondisi geografis dan pelestarian sumber daya kelas VIII di MTSN 1 Jember tahun pelajaran 2024/2025, dan 3) evaluasi model pembelajaran tipe buzz group pada mata pelajaran IPS materi kondisi geografis dan pelestarian sumber daya kelas VIII di MTSN 1 Jember r tahun pelajaran 2024/2025.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, serta analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian diperolah kesimpulan bahwa 1) perencanaan model pembelajaran tipe buzz group di MTSN 1 Jember sudah dilakukan oleh guru IPS di kelas VIII yaitu meliputi menjelaskan topik diskusi, membagi siswa ke dalam kelompok kecil, melakukan sesi diskusi, dan diakhiri dengan evaluasi, 2) penerapan model pembelajaran tipe buzz group di kelas VIII MTSN 1 Jember sudah dilakukan melalui beberapa langkah-langkah yang sudah ditentukan. Akan tetapi pada pelaksanaannya terdapat tiga tantangan utama yaitu fokus diskusi teralihkan, diskusi tidak relevan, dan perbedaan tingkat pemahaman. 3) dalam mengevaluasi penerapan model tipe buzz group di kelas VIII MTSN 1 Jember menggunakan metode penilaian yang beragam, seperti observasi, penilaian presentasi, refleksi individu, dan kuisioner
viii
digilib.uinkhas.ac.id digilib.uinkhas.ac.id digilib.ui
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Agus Sofyan Salam |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 08:36 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 08:36 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38881 |
Actions (login required)
View Item |