Lestari, Puja Eka (2024) STRATEGI PENETAPAN HARGA DALAM MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN PADA USAHA KIOS PAKAN BURUNG BAPAK DIMAS DI KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Uin KH Achamad Siddiq Jember.
Text
PUJA EKA LESTARI_E20192168_.pdf Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK
Puja Eka Lestari, Dr. Sofiah, M.E., 2024: Strategi Penetapan Harga Dalam Meningkatkan Minat Konsumen Pada Usaha Kios Pakan Burung Bapak Dimas Di Kecamatan Balung Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Strategi, Penetapan Harga, Minat Konsumen, Kios Pakan Burung Bapak Dimas Di Desa Balung Lor.
Ternak burung merupakan kegiatan yang sedang tren beberapa tahun terakhir karena meningkatnya para pehobi di bidang adu kicau burung, atas dasar itu maka permintaan akan kebutuhan pakan burung ikut meningkat pesat sehingga para pengusaha di bidang tersebut ikut merespon tren tersebut. Setelah melakukan observasi, peneliti menemukan beberapa kios pakan burung yang berada di daerah Kecamatan Balung, seperti kios bapak Dimas yang berada di Desa Balung Lor, Kios pakan burung bapak Dimas ini adalah satu-satunya kios burung yang ramai dan banyak konsumen yang berdatangan. Yang dimana kios ini menjual sangkar burung, berbagai macam pakan dan obat-obatan burung,
Fokus penelitian pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi penetapan harga pakan burung pada usaha kios pakan burung di Kecamatan Balung Kabupaten Jember? 2) Apa saja faktor pendukung strategi penetapan harga dalam meningkatkan minat konsumen pada usaha kios pakan burung di Kecamatan Balung Kabupaten Jember.
Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan strategi penetapan harga pakan burung pada usaha kios burung di Kecamatan Balung Kabupaten Jember 2) Untuk mengetahui faktor pendukung strategi penetapan harga dalam meningkatkan minat konsumen pada usaha kios pakan burung di Kecamatan Balung Kabupaten Jember.
Penelitian pada usaha kios pakan burung di Kecamatan Balung ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yakni mencakup penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini 1) Strategi penetapan harga dalam meningkatkan minat konsumen pada usaha kios pakan burung Bapak Dimas di Kecamatan Balung menggunakan beberapa tahapan dalam proses penetapan harga, proses penetapan harga yang dilakukan yaitu mulai dari pembelian produk, persediaan barang, cek total keseluruhan, sampai penetapan harga. Setelah melakukan tahapan tersebut usaha kios pakan burung di Kecamatan Balung menggunakan beberapa strategi penetapan harga yaitu, Pertama menggunakan penetration pricing untuk penetapan harga jual produk. Kedua strategi fleksibilitas harga tunggal. 2) Adapun faktor pendukungnya dalam menetapkan harga lebih rendah untuk menarik minat konsumen dan lokasi, sedangkan faktor penghambatnya yaitu tidak cukup modal, persaingan harga, dan kualitas produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | S. E Puja Eka Lestari |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 08:53 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 08:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38889 |
Actions (login required)
View Item |