Implementasi Program Boarding School Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Di Madrasah Aliyah darus Shibyan Karangduren Kecamatan balung Jember

Zulfa, Childa Chofi Indana (2024) Implementasi Program Boarding School Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Di Madrasah Aliyah darus Shibyan Karangduren Kecamatan balung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 251 PAI 2024)
CHILDA CHOFI INDANA ZULFA_T20191347.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Childa Chofi Indana Zulfa, 2024: Implementasi Program Boarding School dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di Madrasah Aliyah Darus Shibyan Karangduren Kecamatan Balung Jember

Kata Kunci: Implementasi, Boarding School, Karakter religius
Saat ini di Indonesia terjadi fenomena yang menunjukkan gambaran tentang karakter terutama pada kalangan remaja yang masih berstatus pelajar yang nantinya akan menjadi penerus bangsa. Karakter pada peserta didik sekarang ini merupakan salah satu permasalahan yang harus diatasi oleh pendidik serta sekolah terutama Lembaga Pendidikan Madrasah. Dalam upaya membentuk karakter religius, dapat dilakukan melalui bermacam-macam cara, salah satunya melalui program boarding school. Melalui program boarding school peserta didik dinilai dapat membentuk dan mengembangkan karakter religiusnya melalui lingkungan sekitarnya.
Fokus penelitian adalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi program boarding school dalam membentuk karakter religius siswa di Madrasah Aliyah Darus Shibyan Karangduren Kecamatan Balung Jember? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pada implementasi program boarding school dalam membentuk karakter religius siswa di Madrasah Aliyah Darus Shibyan Karangduren Kecamatan Balung jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan implementasi program boarding school dalam membentuk karakter religius siswa di Madrasah Aliyah Darus Shibyan Karangduren Kecamatan Balung. 2) Mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat pada implementasi program boarding school dalam membentuk karakter religius siswa di Madrasah Aliyah Darus Shibyan Karangduren Kecamatan Balung jember.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldana. Dan untuk keabsahan data menggunakan dua jenis teknik triangulasi yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan dari penelitan ini adalah 1) Implementasi program boarding school dalam membentuk karakter religius siswa di Madrasah Aliyah Darus Shibyan yaitu melalui pembinaan program kegiatan keagamaan. Adapun pembinaan program kegiatan keagamaan diantaranya melalui kegiatan sehari-hari. Setiap kegiatan tersebut terdapat pembinaan yang tujuannya untuk membentuk karakter religius siswa-siswi 2) Faktor pendukung dalam implementasi boarding school yaitu sumber daya manusia (tenaga pendidik/pengasuh) yang terseleksi, sarana dan prasaran yang memadahi, sinkronisasi dan kerjasama yang baik antara madrasah dan ma’had, serta adanya kesadaran dalam diri peserta didik. Adapun kendala atau faktor penghambat dalam pelaksanaan ini yaitu latar belakang peserta didik, kurangnya pemahaman orang tua peserta didik, dan turunnya komitmen dalam diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Childa Chofi Indana Zulfa
Date Deposited: 27 Dec 2024 09:08
Last Modified: 02 Jan 2025 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38894

Actions (login required)

View Item View Item