Shofiyah, Mukarromah Robiatus (2024) Implementasi Pembelajaran Fiqih Yang Menyenangkan Berbasis Teknologi Digital Di Mts Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 240 PAI 2024)
skripsi Mukarromah Robiatus Shofiyah Nim (204101010083) watermark.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Mukarromah Robiatus Shofiyah, 2024: Implementasi Pembelajaran Fikih yang
Menyenangkan Berbasis Teknologi Digital di MTs Negeri 2 Jember
Kata Kunci : Pembelajaran Fikih, Literasi Digital
Literasi digital berperan dalam mengembangkan pengetahuan peserta
didik mengenai materi pelajaran tertentu dengan mendorong rasa ingin tahu dan
kreativitas yang mereka miliki. Sehubungan dengan hal tersebut, salah satu mata
pelajaran yang kerap kali ditemukan kesukaran dalam materinya yaitu Fikih. Bagi
siswa Madrasah Tsanawiyah yang mayoritas masih awam mengenai hal-hal yang
berbau syariat atau hukum agama pembelajaran Fikih termasuk ke dalam
golongan mata pelajaran dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi, sehingga
dengan memanfaatkan teknologi digital siswa dapat mencari informasi terkait
materi Fikih secara lebih leluasa.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran fikih
yang menyenangkan berbasis teknologi digital di MTs Negeri 2 Jember?, 2)
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fikih yang menyenangkan berbasis
teknologi digital di MTs Negeri 2 Jember?, 3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran
fikih yang menyenangkan berbasis teknologi digital di MTs Negeri 2 Jember?
Tujuan penelitian adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran
fikih yang menyenangkan berbasis teknologi digital di MTs Negeri 2 Jember. 2)
Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran fikih yang menyenangkan berbasis
teknologi digital di MTs Negeri 2 Jember. 3) Mendeskripsikan evaluasi
pembelajaran fikih yang menyenangkan berbasis teknologi digital di MTs Negeri
2 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Teknik penentuan subyek penelitian dengan purposive.
Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, adalah:
observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan model
interaktif Miles, Huberman dan Saldana meliputi: kondensasi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data peneliti
menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik
Hasil Penelitian : 1) Perencanaannya yaitu penyusunan modul ajar :
Pertama Mengembangkan materi,. Kedua, Menentukan metode pembelajaran.
Ketiga, menentukan media pembelajaran Keempat, Merencanakan assessment
pembelajaran Fikih. 2) Pelaksanaannya melalui Pendahuluan ini berisi salam
dilanjutkan dengan doa. Kemudian kegiatan inti berisi kegiatan presentasi masing�masing kelompok serta adanya sesi tanya jawab atau diskusi. Kegiatan Penutup
berisi kesimpulan dan terakhir ditutup dengan doa serta salam. 3) Evaluasinya
melalui 3 yaitu : Pertama, asesmen diagnostik seperti apersepsi dan pertanyaan
pemantik. Kedua, asesmen formatif seperti keaktifan siswa, keterampilan siswa,
sikap dan pengetahuan siswa. Ketiga, asesmen sumatif yaitu berupa ulangan
dimaa pelaksanaannya dilakukan sebagai bentuk penilaian guru terhadap hasil
belajar peserta didik yang kemudian dijadikan bahan asesmen untuk memperbaiki
sesuatu yang dianggap kurang maksimal dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mukarromah robiatus shofiyah |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 02:33 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 06:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38900 |
Actions (login required)
View Item |