Ayu Indayanti, Risma (2024) PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP MINAT BACA SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTs HAJI ILYAS KASIYAN-PUGER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI RISMA AYU INDAYANTI_T20199030.pdf Download (8MB) |
Abstract
Literasi digital bukan hanya sekedar kegiatan menulis atau membaca saja.
Namun, literasi digital merupakan pengetahuan dan kemampuan untuk memakai
dan memanfaatkan media digital dan berbagai jenis alat komunikasi dengan
bijaksana, cerdas, cakap, benar dan taat hukum dalam menumbuhkan interaksi dan
komunikasi pada kehidupan sehari-hari. Membaca menjadi salah satu bagian
literasi yang sangat penting dalam kehidupan. Bagi siswa, literasi membaca
menjadi sarana dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang di
dapatkan di sekolah. Literasi membaca menjadi dasar yang sangat penting
ditanamkan sejak pendidikan dasar. Hal tersebut diperlukan supaya para siswa
dapat meningkatkan kemampuannya dalam upaya mengakses informasi ataupun
ilmu pengetahuan. Selain itu, budaya literasi yang tertanam dalam diri siswa dapat
mempengaruhi tingkat keberhasilan dan kemampuan untuk memahami informasi
secara analitis, kritis dan reflektif.
Rumusan masalah penelitian dalam skripsi ini adalah adakah pengaruh
literasi digital terhadap minat baca siswa pada pembelajaran IPS di MTs Haji Ilyas
Kasiyan-Puger Tahun Pelajaran 2023/2024? serta tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh literasi digital terhadap minat baca siswa pada pembelajaran
IPS di MTs Haji Ilyas Kasiyan-Puger.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif kausal. Analisis data pada penelitian
ini adalah teknik statistik parametik dengan menggunakan analisis regresi linier
sederhana.
Hasil penelitian dari uji yang telah dilakukan diketahui bahwa nilai sig dari
hasil analisis dan penyajian hipotesis yaitu sebesar 0.000 yang diartikan bahwa nilai
tersebut kurang dari 0.05, maka dari itu antara variabel independent (Literasi
Digital) berpengaruh terhadap variabel dependent (Minat Baca) siswa pada
pembelajaran IPS di MTs Haji Ilyas Kasiyan-Puger tahun Pelajaran 2023/2024 dan
pada table R Square didapat angka 0.327 yang berarti antara variabel X (Literasi
Digital) berpengaruh secara signifikan sebesar 32% terhadap variabel Y (Minat
Baca) siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160808 Sociology and Social Studies of Science and Technology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Miss Risma Ayu Indayanti |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 09:22 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 09:22 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38908 |
Actions (login required)
View Item |