Implementasi Pembelajaran IPS Pada Anak Tunagrahita Di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020.

NUR SAFITRI, - (2020) Implementasi Pembelajaran IPS Pada Anak Tunagrahita Di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris IPS.

[img] Text
NUR SAFITRI_T20169008.pdf

Download (7MB)

Abstract

Nur Safitri. 2020. Implementasi Pembelajaran IPS Pada Anak Tunagrahita Di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020. Implementasi Pembelajaran IPS Pada Anak Tunagrahita Di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020. Kajiannya dilatarbelakangi pentingnya pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, anak berkebutuhan khusus juga sama dengan anak normal lainnya yang berkewajiban untuk menempuh pendidikan. Meskipun sama-sama menempuh pendidikan formal seperti anak normal lainnya, tetapi cara penerapan pembelajaranya berbeda dengan lainnya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran IPS pada anak Tunagrahita di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang tahun pelajaran 2019/2020?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPS pada anak Tunagrahita di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang tahun pelajaran 2019/2020?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran IPS pada Anak Tunagrahita di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran IPS pada anak Tunagrahita di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang tahun pelajaran 2019/2020, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS pada anak Tunagrahita di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang Tahun pelajaran 2019/2020, 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran IPS pada anak Tunagrahita di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang Tahun pelajaran 2019/2020 Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran IPS pada anak tunagrahita di SMPLB Bhakti Wanita diawali dengan pembuatan silabus, membuat RPP, menyiapkan materi pembelajaran. RPP yang digunakan di SMPLB Bhakti Wanita adalah RPP pembelajaran tematik. 2) pelaksanaan pembelajaran IPS pada anak tunagrahita di SMPLB Bhakti Wanita menggunakan pembelajaran tematik yang dilakukan seminggu dua kali setiap hari Senin dan Rabu. pelaksanaan pembelajaran IPS meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Model yang digunakan adalah model pembelajaran scaintifik terdiri dari mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasi atau nalar, dan mengkomunikasikan. 3) evaluasi pembelajaran IPS pada anak tunagrahita di SMPLB Bhakti Wanita yaitu menggunakan tugas harian dan ulangan harian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:56
Last Modified: 26 Apr 2022 02:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3893

Actions (login required)

View Item View Item